Eksotisme Kawah Nirwana Suoh, Keindahannya Mirip Yellowstone Amerika

Heri Sisworo

Heri Sisworo

On Indonesia
Foto tampak atas Kawah Nirwana. Foto tampak atas Kawah Nirwana.

Salah satu potensi wista yang baru buka di Kabupaten Lampung Barat adalah Kawah Nirwana Suoh. Sebelumnya, akses ke Kecamatan Suoh dan Bandarnegeri Suoh memang cukup sulit. Tapi dengan adanya percepatan pembangunan jalan provinsi dari Batubrak menuju Suoh, akses pun mulai mudah. Imbasnya, geliat pariwisata di Suoh mulai menampakkan tanda-tanda kehidupan. Salah satu yang sedang hits saat ini adalah Keramikan dan Kawah Nirwana Suoh. Yuk lihat seindah apa.

Lokasi di Gunung Berapi Suoh di Taman Nasional

Keramikan dan Kawah Nirwana, Suoh.
Keramikan dan Kawah Nirwana, Suoh. via Instagram/arthadinata_ar

Tak banyak yang tahu bahwa Gunung Suoh masih merupakan gunung berapi aktif yang memiliki kaldera seluas 128 kilometer persegi. Gunung ini terakhir kali meletus pada 1933 silam. Aktivitas gunung masih terus belanjut meski tidak menunjukkan tanda-tanda akan terjadi ledakan. Saat ini, situasi Gunung Suoh memang mirip dengan Yellowstone di Amerika Serikat. Keduanya adalah kaldera gunung berapi aktif dengan potensi geothermal yang tinggi, salah satu wujudnya adalah mata air panas. Di Suoh, ada Keramikan dan Kawah Nirwana. Seluruh area ini masuk ke kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan.

Padang ilalang luas

Padang Ilalang Suoh.
Padang Ilalang Suoh. via Instagram/anwarsukisman

Untuk mencapai Kawah Nirwana, pengunjung harus melewati padang ilalang yang sangat luas. Walaupun bukan tujuan utama, tetapi tak sedikit pengunjung yang sengaja berhenti di tengah padang hijau ini. Maklum saja, pemandangannya memang indah. Hamparan rumput hijau dikelilingi bukit-bukit indah. Ditambah hembusan angina sepoi-sepoi, spot ini memang mirip seperti Wyoming, tempat asal Yellowstone yang punya banyak padang rumput.

Padang Silika ‘hidup’ di Keramikan

Keramikan, Suoh.
Keramikan, Suoh. via Instagram/masteguh78

Setelah melewati padang ilalang, pengunjung harus memarkir kendaraan mereka di sebuah bukit. Setelah berjalan kaki beberapa menit, pengunjung akan tiba di daerah yang bernama Keramikan. Ini adalah padang pasir/batu silika.

Menurut masyarakat setempat, batuan ini sudah ada sejak lama dan lapisannya setiap tahun juga bertambah. Tapi pengunjung wajib berhati-hati karena jika tidak ada vegetasi di atas batu yang mirip keramik itu, berarti panas bumi sudah hampir mencapai permukaan.

Kawah Nirwana, puncak keindahan Suoh

Kawah Nirwana, Suoh.
Kawah Nirwana, Suoh. via Instagram/ inigehlampung

Di penghujung perjalanan, pengunjung akan sampai di Kawah Nirwana, yang merupakan kawah sebenarnya dari Gunung Suoh. Pemandangan di sini sangat kesotis. Ada kolam berisi air panas yang airnya bisa berwarna hijau kebiruan. Air dan uap panas keluar juga dari gundukan-gundukan tanah putih. Area di sini memang cukup berbahaya dan pengunjung harus didampingi oleh guide berpengalaman.

Saat ini belum dibangun pemandian air panas yang akomodatif, tetapi jika mau, Teman Traveler bisa mandi di sungai yang airnya memang hangat. Jadi, Teman Traveler sudah siap berpetualang menaklukkan Yellowstone ala Lampung Barat ini?