4 Ekowisata yang Bikin Kamu Bisa Berinteraksi Langsung dengan Hewan

Di Indonesia ada banyak sekali ekowisata dengan berbagai konsep. Beberapa di antaranya memanjakan pengunjung dengan aktivitas rafting, trekking dan bahkan camping. Di samping itu ada sejumlah ekowisata yang memperbolehkan pengunjung berinteraksi langsung dengan hewan. Penasaran di mana saja? Simak ulasan berikut ini. 

Taman Nasional Tanjung Puting 

ekowisata berinteraksi dengan hewan
Taman Nasional Tanjung Puting via instagram/jedasore

Pertama, ada Taman Nasional Tanjung Puting yang sudah populer sampai ke luar negeri. Ekowisata ini terkenal dengan populasi orang utan terbanyak dan spesies primata lainnya. Oleh karenanya, banyak pengunjung yang tertarik untuk datang ke sini. 

Ekowisata yang berlokasi di Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah ini memperbolehkan pengunjung untuk melihat orangutan dari dekat. Namun dengan syarat, harus didampingi oleh guide dan berjarak sedikitnya lima meter dari primata satu ini. 

Sebagai informasi, Teman Traveler yang ingin menemui orangutan perlu merogoh kocek agak dalam. Untuk masuk dan menikmati hutan di dalamnya, kalian diwajibkan membayar sebesar Rp5 ribu di hari biasa dan Rp7500 pada akhir pekan. Selanjutnya, kalau ingin menemui orangutan, kalian harus menggunakan kapal klotok yang disewakan mulai harga Rp600 ribu sampai dengan Rp2 juta per hari. 

Taman Nasional Komodo 

ekowisata berinteraksi dengan hewan
Taman Nasional Komodo via instagram/bclsinclair

Selanjutnya ada Taman Nasional Komodo yang berada di perbatasan Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat. Kalian bisa berinteraksi langsung dengan reptil terbesar di dunia ini. Bahkan, kalian juga dapat berfoto dengannya. Tapi tetap, kalian harus menjaga jarak dan ditemani oleh guide. Alasannya karena hewan ini bisa menyerang kapan saja. 

Untuk bisa menemui hewan langka satu ini, kalian perlu merogoh kocek sekitar Rp150 ribu. Itu sudah ditotal dari menyewa kapal sampai mengunjungi habitat si komodo. Namun, harga ini bisa berubah sewaktu-waktu, ya. 

Wisata Tangkahan 

Wisata Tangkahan via instagram/erika_eri_me

Di Sumatera Utara juga ada ekowisata yang pengunjungnya bisa berinteraksi dengan hewan secara langsung. Adalah wisata Tangkahan, di mana pengunjung dapat melihat hingga menyentuh gajah.

Ekowisata yang berlokasi di Kabupaten Langkat ini menawarkan harga yang bervariasi untuk setiap atraksi. Untuk memandikan gajah, pengunjung diwajibkan membayar Rp100 ribu. Sedangkan untuk menunggangi gajah, dikenakan biaya sebesar Rp35 ribu. Lalu tiket masuknya sejumlah Rp5 ribu. 

Taman Nasional Sebangau 

Taman Nasional Sebangau via instagram/lebay_abai

Terakhir, ada Taman Nasional Sebangau di tiga wilayah Kalimantan Tengah. Yakni Palangka Raya, Kabupaten Katingan dan Kabupaten Pulang Pisau. Di tiga tempat tersebut, kalian akan menemukan banyak sekali hewan liar dan juga berbahaya.

Di Palangka Raya tempat wisatanya bernama Sungai Koran. Keunggulan di tempat ini, wisatawan bisa melakukan trekking di hutan, melihat orangutan dan bertemu beruk apabila beruntung. Tidak hanya itu, juga ada ular sanca maupun viper borneo dan lain-lain.

Kemudian, di Kabupaten Pulang Pisau ada Resort Mangkok. Meskipun tempat tersebut merupakan konservasi lahan gambut, kalian juga dapat melihat beraneka ragam hewan. Seperti burung dan juga ular langka. Sedangkan di Kabupaten Katingan, tempat wisatanya bernama Punggualas. Di situ pengunjung dapat melihat orangutan, Owa Kalimantan, Bekantan dan ular.

Tarif untuk masuk ke wisata ini, pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp5 ribu. Lalu sewa perahu Rp350 ribu untuk setiap rombongan. Nah, akan ada tambahan biaya lain apabila menambah atraksi.

Bagaimana, menyenangkan bukan apabila mengunjungi tempat-tempat di atas? Yuk mampir ke salah satunya. Kapan lagi berlibur ke ekowisata yang bisa berinteraksi dengan hewan secara langsung. 

Tags
ekowisata berinteraksi dengan hewan Indonesia Kabupaten Kotawaringin Barat Kabupaten Langkat Kalimantan Tengah Nusa Tenggara Barat Nusa Tenggara Timur Palangkaraya Sumatera Utara Wisata
Share