Efek Mati Listrik Jakarta, Ada yang Sampai Ngungsi ke Hotel

Mati listrik Jakarta yang terjadi 4 Agustus 2019 kemarin, ternyata gemanya masih dibicarakan sampai saat ini. Bahkan, banyak masyarakat yang melakukan hal unik untuk mengatasi padamnya lampu yang berjam-jam lamanya. Jadi, seperti apa sih efek mati listrik di Jakarta kepada masyarakat setempat? Yuk ikuti kisahnya di bawah ini. 

Setrika Pakai Wadah Nasi 

efek mati listrik jakarta
Emak-emak setrika dengan cara unik via twitter/Zhaky Hamzah

Mati listrik massal yang terjadi di Jakarta kemarin memang menghambat seluruh aktivitas masyarakat. Salah satunya sang ibu yang belum sempat menyetrika seragam sekolah anaknya. Tenang, ibu jenius ini tak kehilangan akal.

Ia menggunakan wadah yang digunakan untuk menanak nasi di magic com kemudian dipanaskan sebentar di atas lilin. Kalau sudah dirasa cukup, bagian bawah wadah nasi dipakai untuk menyetrika seragam. Hasilnya tak kalah rapi dengan alat setrika, lho. Bisa jadi referensi nih ketika Teman Traveler mengalami mati listrik. 

Raditya Dika Mengungsi ke Hotel 

efek mati listrik jakarta
Raditya Dika mengungsi ke hotel via youtube/Raditya Dika

Seorang komika bernama Raditya Dika memilih jalur nyaman nih ketika Jakarta mengalami mati listrik. Ia bersama sang istri, Anissa Aziza mengungsi ke hotel agar bisa mendapatkan pasokan listrik. Bukan tanpa alasan pasangan suami istri berpindah ke hotel untuk sementara. Hal ini dilakukan agar sang bayi, Alinea Ava Nasution tidak merasa kepanasan.

Meskipun mahal, Radit dan istrinya tetap menomorsatukan putrinya. Apakah kalian akan melakukan hal yang sama dengan mereka kalau satu kota mati listrik? 

Udara Jakarta Menjadi Lebih Bersih 

Udara Jakarta menjadi lebih dingin via instagram/dr.simon.y.liem

Sebelum mati listrik, Jakarta sempat diberitakan menjadi daerah yang udaranya sangat tidak sehat. Oleh karenanya, masyarakat Jakarta yang hendak bepergian disarankan untuk memakai masker. Tapi, setelah Jakarta mengalami pemadaman massal, udara Jakarta terasa lebih dingin dan juga bersih. Ini diakui oleh warga asli Jakarta yang juga menguji kualitas udara dengan menggunakan Air Quality Index (AQI). 

Masyarakat Bisa Melihat Keindahan Langit Jakarta 

Ilustrasi langit Jakarta via shutterstock

Jakarta sebenarnya mempunyai pemandangan langit yang sangat indah. Sayangnya, itu semua tertutupi oleh polusi udara yang disebabkan oleh asap kendaraan maupun pabrik. Namun, ketika Jakarta mengalami pemadaman listrik berjam-jam lamanya, langit daerah tersebut kembali terlihat. Ada banyak bintang yang tampak di langit dan momen tersebut dibagikan oleh akun twitter dr. Tan‏.   

Itulah deretan efek mati listrik yang terjadi di Jakarta Hari Minggu lalu. Cukup menarik memang karena menimbulkan dampak yang beragam. Mulai dari munculnya kreativitas emak-emak sampai dengan masyarakat dapat menikmati keindahan langit Jakarta. Nah, menurut Teman Traveler, apa ada efek lain yang diakibatkan oleh pemadaman massal Jakarta kemarin? 

Tags
efek mati listrik jakarta Jakarta news
Share