Ecolodges di Indonesia, Tempat Menginap Berbasis Edukasi Alam

Advertisement

Indonesia yang kaya akan berbagai macam wisata, mendatangkan wisatawan dari pelosok nusantara, juga luar negeri. Tidak susah menemukan akomodasi dengan berbagai konsep. Ada yang berarsitektur lawas, modern, dan banyak lainnya. Ada juga yang dibuat agar tetap ramah dengan lingkungan sekitar. Wajib dong menjadi traveler yang tak hanya menikmati keindahan alam, namun turut menjaganya. Ini dia beberapa pilihan ecolodges di Indonesia yang mengusung konsep edukasi alam. Di mana saja, ya?

 

Rimba Orangutan Ecolodge

Rimba Orangutan Ecolodge via Instagram @discoversumatra

Ecolodges di Indonesia yang pertama bernama Rimba Orangutan yang berlokasi di kawasan Sungai Sekonyer, Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah. Untuk menuju Rimba hanya bisa ditempuh melalui Pelabuhan Kumai di Kabupaten Kotawaringin Barat dengan kisaran jarak tempuh 2 jam. Lokasinya berada di tengah perairan Taman Nasional, sehingga bisa berkeliling dengan perahu kayu.

Teman Traveler bisa lebih dekat dengan orang utan dan primata jenis lain, tentu dengan didampingi yang ahli. Fasilitas yang ditawarkan berupa internet berbasis satelit, kamar tidur ber-AC, shower air panas, tour guide, dan lainnya. Dengan budget kisaran Rp900 ribu, selain bisa menginap Teman Traveler juga ikut membantu berlangsungnya konservasi orang utan.

Kelimutu Crater Lakes Ecolodge

Kelimutu Crater Ecolodges
Kelimutu Crater Ecolodges via Instagram/@floreskomodo_tours

Kelimutu Crater Lakes Ecolodoge berlokasi di kawasan Desa Moni di Flores bagian timur. Sesuai namanya, tempat menginap ini dekat dengan wisata Danau Kelimutu. Mengusung konsep ramah lingkungan, Ecolodges di Indonesia satu ini memanfaatkan tenaga panel surya untuk kebutuhan listriknya. Rumah singgah ini tepat bagi yang suka mengamati perilaku burung sambil bird-watching. 

Dari Kelimutu ecolodge, Teman Traveler bisa mampir ke Desa Moni yang mempunyai rumah dengan gaya lawas. Lokasi ini dapat ditempuh berjalan kaki selama kurang lebih 15 menit. Fasilitas yang disediakan berupa kamar tidur dengan kasur yang nyaman, makan pagi, shower air panas, restoran, dan banyak lainnya. Per malamnya, tempat ini memasang tarif kisaran Rp 800 ribuan.

Satwa Elephants Ecolodge

Satwa Elephants Ecolodge via Instagram @harilodges

Satwa Elephants Ecolodge terletak di tengah taman tropis, sekitar 500 meter dari gerbang masuk Taman Nasional Way Kambas Provinsi Lampung. Tujuan utama didirikannya tempat ini adalah untuk memberi edukasi kepada masyarakat sekitar tentang pentingnya konservasi hewan-hewan dilindungi seperti gajah, owa, badak bercula satu, dan lainnya yang ada di Way Kambas.

Teman Traveler juga bisa menginap di ecolodge ini sambil ikut berkontribusi dalam berlangsungnya pelestarian hewan-hewan langka di Way Kambas. Siapkan budget harga mulai kisaran Rp650 ribu saja.

Baloeran Ecolodge

Baloeran Ecolodge
Baloeran Ecolodge via Instagram/@baloeranecolodge

Baloeran ecolodge berada di kawasan Taman Nasional Baluran Desa Wonorejo Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Salah satu ecolodges di Indonesia ini dibangun dengan tujuan mengedukasi warga sekitar tentang konservasi. Didominasi perabot kayu, Teman Traveler dapat merasakan sensasi menginap seperti di rumah ala Jawa zaman dulu.

Itu tadi beberapa ecolodges di Indonesia yang bisa dicoba. Keren kan kalau bisa liburan sambil menjaga alam sekitar. Bagaimana, mau coba menginap di mana dulu, nih?

Advertisement
Tags
Akomodasi Eco Lodge Indonesia Penginapan Alam
Share