Keuntungan Menggunakan E-Money Saat Traveling, Bepergian Jadi Lebih Praktis

Selain menentukan tempat untuk berlibur, dalam bepergian juga harus mengutamakan keamanan. Dalam beberapa kasus, insiden tidak mengenakkan kerap terjadi bagi wisatawan. Beberapa diantaranya seperti kecopetan, barang hilang, barang jatuh, dan lain-lain. Nah, bagi Teman Traveler yang masih awam dan ingin memastikan liburan berjalan aman serta lancar, bisa menggunakan e-money sebagai alternatif dalam hal pembayaran. Apakah itu? Yuk baca lebih lanjut.

Apa itu E-Money?

Contoh e money/custom.meee.id

Bagi Teman Traveler yang masih belum mengerti, e-money merupakan salah satu alat pembayaran digital yang terhubung oleh jaringan komputer dan juga internet. Electronic Cash ini terdiri dari dua bentuk. Pertama ada Digital Cash, merupakan e-money yang nilainya tersimpan di dalam hardisk komputer, untuk pemindahan dananya dengan menggunakan internet. Kedua ada Prepaid Card yaitu (Electronic Purchase), nilai e-money tersimpan di dalam chip sebuah kartu beberapa contohnya seperti kartu flazz dari beberapa nasabah. Untuk mendapatkannya, Teman Traveler bisa membeli dan mendaftar di retail dan beberapa cabang nasabah terdekat.

Kegunaan E-Money Untuk Traveling

Kegunaan E-Money
Kegunaan E-Money via Instagram/casespace.id_shop

Nah, hal ini sangat memudahkan Teman Traveler dalam melakukan pembayaran. E-money bisa digunakan untuk berbelanja, membayar biaya tol, alat pembayaran transportasi umum seperti busway, dan lain-lain. Dengan menggunakan ini, Teman Traveler tidak perlu repot lagi dalam menyiapkan uang tunai, mendapatkan kembalian, dan lain sebagainya. Dalam penggunannya yang praktis dan cepat, tidak semua kota menyediakan fasilitas ini. E-money kerap dijumpai di kota-kota besar karena identik dengan pusat bisnis yang melibatkan banyak masyarakat.

Kelebihan Saat Traveling

Keuntungan memakai e-money
Keuntungan memakai e-money via Instagram/tjap_tjap

Dari segi praktis, alat transaksi satu ini memberikan banyak keunggulan. Pengguna tidak harus menyiapkan uang tunai, tidak perlu menukarkan uang, sangat aman, dan juga tidak ditarik bunga. Alat transaksi satu ini memiliki sistem yang sangat aman dan sulit untuk diretas. Jika kartu hilang saat bepergian, pengguna bisa pergi ke bank terdekat untuk meminta diblokir jika telah melakukan pendaftaran terlebih dahulu. E-money juga tidak menggunakan pin atau proses otorisasi karena tidak berkaitan langsung dengan nasabah.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Penggunaan

Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memakai
Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memakai via Instagram/sikilang

Dalam penggunannya, tentu saja harus memperhatikan tempat mana saja yang memiliki alat untuk membaca kartu ini. Karena jenisnya berbeda-beda, maka dari itu ketika Teman Traveler harus mengetahui jenis kartu apa yang bisa diterima. Salah satunya ketika berkunjung ke Supermarket, ketika tempat tersebut hanya melayani satu jenis e-money dari nasabah tertentu dan berbeda dengan milik pengguna, maka tidak bisa digunakan. Selain itu, mempertimbangkan koneksi juga hal yang harus diperhatikan. Tempat dengan koneksi bagus akan mengurangi resiko kegagalan dalam bertransaksi.

Nah, itulah sekian informasi singkat bagaimana menggunkan e-money khususnya untuk traveling. Ternyata, bentuknya pun sangat beragam dan ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Tertarik untuk menggunakan e-money?

Tags
alat transaksi e-money e-money saat traveling Indonesia tekno tips dan inspirasi Wisata
Share