Durian Bakar di Thailand, Cara Baru Menikmati Buah Berduri Ini

Durian merupakan buah yang banyak ditemukan di Indonesia. Salah satunya yang terkenal ada di Medan, yakni Durian Ucok. Tidak hanya dimakan secara langsung, durian juga dikreasikan menjadi beragam panganan enak, misalnya saja es, kue, dan lain-lain. Paling unik adalah durian bakar di Thailand.

Durian diolah dengan cara yang neyeleneh, yakni dengan dibakar. Jadilah durian bakar ini jadi salah satu yang sedang banyak diburu saat datang ke Negeri Gajah Putih. Seperti apa, ya?

Konon Tren Bermula dari Malaysia di Tahun 2016

Durian bakar yang nikmat, via Instagram/nok_wipanee
Durian bakar yang nikmat, via Instagram/nok_wipanee

Durian bakar tidak serta merta muncul di Thailand. Dilansir dari Bangkok Post, ternyata tren durian bakar ini berasal dari negara tetangga Indonesia, yakni Malaysia. Dengan berbagai informasi yang mudah tersebar, akhirnya tren ini sampai di Thailand sejak tahun 2016 yang lalu. Selang dua tahun berlalu, tren bukannya habis malah menjadi-jadi banyaknya.

Cara Pengolahan yang Unik

Pengolahan durian bakar, via Instagram/niiniwvv
Pengolahan durian bakar, via Instagram/niiniwvv

Mungkin ada yang berfikir jika durian ini dikuliti kemudian dibakar. Tidak seperti itu Teman Traveler. Durian bakar ini benar-benar dibakar bersamaan dengan kulitnya.

Buah durian yang masih utuh berbalut kulit kemudian dibakar di perapian terbuka dengan menggunakan api kecil selama kurang lebih 45 menit lamanya. Setelah kira-kira warna kulitnya berubah menjadi hitam, buah ini diangkat dan siap disajikan.

Memiliki Cita Rasa yang Berbeda

Timbulkan rasa yang berbeda, via Instagram/justabakaholic
Timbulkan rasa yang berbeda, via Instagram/justabakaholic

Untuk cara penyajiannya beragam. Ada yang dibelah kulitnya, ada pula yang langsung diiris menggunakan pisau beserta dengan kulitnya. Jangan salah sangka, durian yang telah dibakar ini kulitnya menjadi tidak keras dan mudah untuk diiris.

Begitu menggiurkan, via Instagram/famishednomore
Begitu menggiurkan, via Instagram/famishednomore

Menurut mereka yang pernah mencobanya, kuliner Thailand satu ini memiliki citarasa yang berbeda dengan yang “mentah” tanpa dibakar. Duriannya menjadi lebih manis dengan dagingnya yang lebih creamy.

Tempat untuk Berburu Durian Bakar di Thailand

Nikmati durian dengan cara yang berbeda, via Instagram/miso.en.place
Nikmati durian dengan cara yang berbeda, via Instagram/miso.en.place

Jika kamu kebetulan sedang berada di Thailand dan ingin mencicipinya, ada banyak tempat yang dikunjungi. Misalnya saja di Provinsi Phitsanulok. Bahkan saking digemarinya, gerai buah bakar ini sampai antri-antri. Untuk harganya, satu buahnya akan dibandrol 250 bath/kg, atau sekitaran Rp110.000.

Keberadaan durian bakar ini akan semakin merajalela saat musim durian yang biasanya datang pada awal April hingga pertengahan Juni. Jika begitu penasaran ingin mencobanya, jangan lewatkan kesempatan emas mencicipinya saat traveling ke Thailand.

Tags
durian bakar kuliner thailand Luar negeri Thailand
Share