5 Fakta Dorm Hostel, Harus Tahu Sebelum Menginap

Advertisement

Dewasa ini semakin banyak pilihan tempat menginap yang dapat menjangkau berbagai kalangan. Seperti dorm hostel yang sering kali menjadi jujugan para backpacker, solo traveler, maupun pelancong yang pengin liburan hemat. Tak heran, harga murah dengan fasilitas mencukupi membuat popularitas akomodasi satu ini makin tinggi. Namun, sebelum menginap di sana, ketahui dulu 5 fakta mengenai dorm hostel.

Dorm Room dengan Bunk Bed

Dorm Hostel
Ilustrasi hostel yang mengusung konsep capsule via Unsplash

Hal pertama yang harus Teman Traveler pahami yakni jenis kamar dorm hostel yang berbeda dengan akomodasi lainnya. Rata-rata dorm hostel hanya menyediakan kamar campur untuk pria dan perempuan atau disebut mixed room dan kamar khusus perempuan saja (female room). Untuk kalian para perempuan yang merasa kurang nyaman jika berada dalam satu kamar dengan pria, female room adalah pilihan yang tepat.

Dorm Hostel
Ilustrasi dorm hostel via Unsplash

Rata-rata dorm hostel menyediakan tempat tidur susun yang dilengkai tirai untuk menjaga privasi pelancong. Ada juga model kapsul bagi Teman Traveler yang menginginkan privasi lebih. Biasanya, wisatawan tidak diperkenankan menggunakan alas kaki saat masuk ke dalam kamar demi menjaga kebersihan. Letakkan alas kaki pada tempat yang sudah disediakan pihak hostel.

Bawa Peralatan Mandi Sendiri

curology_zwno4bzup7k_unsplash_JsK.jpg
Ilustrasi peralatan mandi via Unsplash

Siapa yang terbiasa tidak membawa peralatan mandi saat akan menginap di hotel? Berbeda dengan hotel, masing-masing dorm hostel memiliki fasilitasnya masing-masing. Tidak semua dorm hostel menyediakan peralatan mandi bagi wisatawan yang menginap, seperti kebanyakan hotel. Agar aman, ada baiknya Teman Traveler membawa peralatan mandi sendiri saat hendak menginap di dorm hostel.

Simpan Barang Berharga di Loker

claudio_schwarz_purzlbaum_uqbxsmliq5g_unsplash_k1d.jpg
Ilustrasi loker dorm hostel via Unplash

Saat menginap di dorm hostel, Teman Traveler pasti akan diberikan fasilitas loker barang. Manfaatkan loker tersebut untuk menyimpang barang-barang berharga Teman Traveler. Tentu saja jangan lupa untuk selalu mengunci loker barang kalian.

Wajib Jaga Ketenangan

kristina_flour_bcjdbykwquw_unsplash_wNN.jpg
Ilustrasi menjaga ketenangan via Unplash

Hal selanjutnya yang perlu Teman Traveler pahami saat menginap di dorm hostel yakni wajib untuk menjaga ketenangan. Ada beberapa tamu lain dalam kamar kalian, maka penting untuk menjaga ketenangan di dalam kamar. Manfaatkan lobby dan rooftop hostel jika memang harus berbicara dengan lantang. Tak ada salahnya ke luar kamar sejenak dan bertoleransi pada pelancong.

Dapat Teman Baru

takafumi_yamashita_zkqbapsnlk8_unsplash_uFR.jpg
Ilustrasi berbaur dengan traveler lain via Unplash

Memutuskan untuk menginap di dorm hostel, artinya kalian juga siap berada dalam satu kamar dengan wisatawan lain yang tidak kalian kenal. Yuk berbaur, tak ada salahnya berkenalan dengan traveler lain yang berada satu kamar dengan kalian.

Itulah sekilas ulasan mengenai 5 fakta yang harus dipahami saat hendak memutuskan menginap di dorm hostel. Yuk tunggu apalagi, jangan tunda rencana liburan kalian. Selamat berlibur Teman Traveler.

Advertisement
Tags
Akomodasi Fakta Dorm Hostel Hostel Indonesia
Share