Makanan yang Cocok Disantap dengan Ketupat, Bikin Kangen!

Hari Kemenangan sebentar lagi tiba! Nggak sedikit orang yang merayakannya dengan menghidangkan berbagai kuliner menggugah selera. Ketupat seakan menjadi salah satu makanan wajib dan kerap dijumpai ketika Idul Fitri. Ada beberapa cara untuk menikmati kuliner satu ini. Berikut sejumlah makanan yang cocok disantap dengan ketupat untuk lebaran nanti. Ada apa saja? Yuk, intip!

Gulai

Makanan yang cocok disantap dengan ketupat
Gulai Ayam via Shutterstock

Salah satu kuliner yang menghiasi meja makan ketika Idul Fitri yakni dengan gulai. Mulai dari gulai ayam hingga kambing. Hidangan berkuah santan ini memang paling pas disantap bersamaan dengan ketupat. Selain mengenyangkan kuliner ini memiliki cita rasa khas yang didapat dari perpaduan berbagai macam rempah. Duh, jadi kangen kampung halaman kan!

Bakso

Bakso
Bakso via Shutterstock

Nah, Teman Traveler pecinta bakso pasti kalian sudah nggak asing dengan makanan pendamping berupa lontong. Ternyata, ketupat bisa menjadi salah satu hidangan alternatif. Bahkan kuliner ini memiliki sebutan sendiri yakni Bakso Kupat.

Di Jakarta Teman Traveler akan menjumpai sebuah warung yang berjualan santapan ini dan beralamat di Jl. Kapten Tendean. Satu porsinya pun dikenai harga yang tak menguras kantong yakni Rp9000an saja.

Sayur Lodeh

Sayur lodeh
Sayur lodeh via Shutterstock

Biasanya sayur lodeh menjadi hidangan yang juga tak pernah absen ketika lebaran. Beberapa orang mengonsumsi santapan ini dengan lontong. Namun jika ingin menyajikan dengan cara yang berbeda Teman Traveler bisa menggantinya dengan ketupat. Perpaduan antara sayur dan santannya yang gurih membuat hidangan ini tak tergantikan. Tertarik untuk menyajikannya sebagai kuliner lebaran nanti?

Opor

Makanan yang cocok disantap dengan ketupat
Opor ayam via Shutterstock

Teruntuk yang berada di tanah Jawa, pasti sudah tak asing lagi dengan yang namanya opor ayam. Hidangan yang simple tapi lezat ini bahkan menjadi salah satu makanan wajib ketika lebaran tiba. Opor juga cocok disantap bersamaan dengan ketupat. Tak hanya mempermudah tamu dalam pembagian porsi, opor ayam dengan ketupat menjadi sajian yang mampu manjakan lidah serta perut.

Sate

Sate
Sate via Shutterstock

Familiar menyantap sate dengan lontong? Teman Traveler bisa menggantinya dengan ketupat. Rasanya yang lebih gurih membuat banyak orang ketagihan. Ketupat pas disantap dengan berbagai daging sate mulai dari ayam hingga kambing. Apalagi dipadu dengan bumbu kacang dan kecap, cocok banget bangkitkan mood ketika Idul Fitri.

Bagaimana menurut Teman Traveler? Itulah beberapa makanan yang cocok disantap dengan ketupat. Tertarik untuk menghidangkannya di rumah?

Tags
Indonesia kuliner
Share