Diplomasi Batik ala Dewan Keamanan PBB, Kamu Juga Bisa Berburu Kainnya di Sekian Tempat Ini

Beberapa hari lalu, terlihat pemandangan indah, batik bertebaran di mana-mana. Indonesia berkesempatan memimpin sidang Dewan Keamanan PBB, di mana dress codenya adalah kain khas Indonesia, yaitu batik. Nah buat Teman Traveler yang pengin sekeren anggota Diplomasi Batik ala Dewan Keamanan PBB, bisa nih borong di pusat batik Indonesia. Di mana saja, ya?

Kampung Sasirangan, Banjarmasin

Ragam Motif Kain Sasirangan via Instagram @afrinaptr
Ragam Motif Kain Sasirangan via Instagram @edho8090

Teman Traveler yang berencana manfaatkan libur lebaran buat keliling Indonesia, bisa loh singgah ke Banjarmasin. Teman Traveler coba melipir ke Kampung Sasirangan. Area tersebut adalah pusat pembuatan kain sasirangan alias batiknya Kalimantan Selatan.

Pengalaman seru akan didapatkan kalau berwisata ke Kampung Sasirangan. Mulai dari melihat pembuatan kainnya sampai tentunya memborong berbagai produk kain sasirangan. Nah Teman Traveler dapat menggunakan batik tersebut buat beragam acara biar keren seperti diplomasi batik ala Dewan Keamanan PBB.

Batik Raja Ampat Gedung Wanita

Batik Raja Ampat via Facebook Zainul Kedip
Batik Raja Ampat via Facebook Zainul Kedip

Raja Ampat tidak hanya terkenal akan keindahan wisatanya, ia juga punya kain batik khas. Teman Traveler bisa menemukannya di Gedung Wanita. Di sanalah para pengrajin memproduksi batik Papua. Motif khas pada batik ini disebut affutra yang bertema keelokan bahari Raja Ampat, seperti corak ikan, penyu, terumbu karang, maupun rumput laut.

Teman Traveler yang liburan di Raja Ampat, boleh banget mampir ke Gedung Wanita buat melihat proses pembuatan batik. Jangan lupa juga bawa beberapa lembar kain batik sebagai oleh-oleh.

Diplomasi Batik ala Dewan Keamanan PBB di Rumah Batik Andalan, Riau

Diplomasi Batik ala Dewan Keamanan PBB dengan Batik Bono Riau via Instagram @hacikaarina
Batik Bono Riau via Instagram @hacikaarina

Kalau mau keren ala diplomasi batik Dewan Keamanan PBB, Teman Traveler juga bisa banget liburan ke Riau. Tepatnya di Rumah Batik Andalan, Pelalawan. Mereka memproduksi kain batik dengan motif khusus, salah satunya disebut batik bono yang mengadaptasi dari gelombang kecil (bono) di Sungai Kampar.

Kampung Batik Toraja, Sulawesi Selatan

Kain Batik Toraja via Instagram @restyridholallo
Kain Batik Toraja via Instagram @restyridholallo

Salah satu tempat pembuatan seni batik Toraja ada di Kampung Wisata Seni Karassik Hills Toraja Utara. Motif khas tempat ini adalah tongkongan dan segala ukirannya. Di sana Teman Traveler dapat melihat proses membatik ala Toraja Utara.

Itulah setidaknya 4 pusat batik di Indonesia yang mungkin Teman Traveler belum tahu. Jadi kapan liburan sekalian borong batiknya?

Tags
batik Diplomasi Batik Indonesia Wisata
Share