Berenang di Lautan Hingga Dimakan Ikan Paus, Bagaimana Kronologinya?

Advertisement

Teman Traveler ada yang hobi berenang bebas di lautan? Kalau melakukan aktivitas tersebut sebaiknya berhati-hati, ya. Jangan sampai tertimpa kejadian nahas seperti seorang fotografer wildlife sekaligus operator menyelam ini. Ketika sedang melakukan pekerjaannya, dia sampai dimakan ikan paus. Bagaimana hal itu bisa terjadi? Simak ulasan berikut.

Sedang Memotret Ikan Lain

Ilustrasi Migrasi Ikan Sardin via Instagram @anniecrawley_oceanannie
Ilustrasi Migrasi Ikan Sardin via Instagram @anniecrawley_oceanannie

Seperti dilansir dari thisisinsider.com, Rainer Schimpf adalah seorang fotografer fauna. Dia sedang melakukan pekerjaannya di sebuah perairan di Afrika Selatan.

Rainer Schimpf dan beberapa rekannya terjun langsung ke lautan untuk mendokumentasikan migrasi ikan sarden. Demi mendapatkan hasil yang maksimal dia pun sampai terjun ke tengah-tengah ikan-ikan kecil yang berjumlah ribuan tersebut.

Dimakan Ikan Paus

Ilustrasi Hewan Pemangsa Berkumpul saat Sardin Migrasi via Instagram @hewlettj
Ilustrasi Hewan Pemangsa Berkumpul saat Sardin Migrasi via Instagram @hewlettj

Ketika ikan-ikan sardin bermigrasi, beberapa pemangsa pun berkumpul di kawasan itu. Di antaranya penguin, anjing laut, burung Gannet, lumba-lumba, hiu, bahkan paus. Mereka berlomba-lomba mengisi perut mumpung ada buruan empuk.

Tertelan Ikan Paus via Youtube
Tertelan Ikan Paus via Youtube Barcroft Animals

Nah, saat itulah sang fotografer yang sedang asyik mengambil video malah dimakan ikan paus. Dia merasa bahwa sekelilingnya menjadi gelap dan menyadari bahwa kepalanya sedang berada di dalam mulut ikan paus jenis Bryde.

Dilepeh Beberapa Detik Kemudian

Beberapa Detik Kemudian Dilepeh via Youtube
Beberapa Detik Kemudian Dilepeh via Youtube Barcroft Animals

Sang fotografer pun hanya bisa menutup mata dan menahan nafasnya. Dia berharap agar paus itu tidak membawanya ke dalam lautan dan segera memuntahkannya. Rekan-rekannya pun terkejut akan sang fotografer yang dimakan ikan paus itu. Sebelum mereka sempat melakukan sesuatu, beberapa detik kemudian si paus sudah melepeh Rainer Schimpf.

Kejadian Itu Merupakan Ketidaksengajaan

Kepala Fotografer Berada di Mulut Ikan Paus via Youtube
Kepala Fotografer Berada di Mulut Ikan Paus via Youtube Barcroft Animals

Kejadian itu merupakan ketidaksengajaan, sebab paus bukanlah hewan pemakan manusia. Apalagi jenis Bryde yang punya kerongkongan kecil dan tidak memiliki gigi. Binatang ini hanyalah menyaring apapun yang ada di depannya. Namun begitu menyadari bahwa ada sesuatu yang salah, si paus akan melepeh makanannya.

Peristiwa seorang fotografer yang dimakan ikan paus itu terjadi di lautan sekitar Port Elizabeth Harbour. Tempat itu merupakan sebuah kota pelabuhan di Provinsi Eastern Cape, Afrika Selatan.

Hal tersebut pun terekam oleh kamera rekan si fotografer. Sehingga dapat dilihat dengan jelas bagaimana proses dirinya tertelan ikan paus sampai dilepeh. Memang cukup menegangkan.

Bagaimana menurut Teman Traveler tentang kejadian itu? Kalau berenang atau melakukan pekerjaan di lautan, harus tetap berhati-hati, ya. Semoga kejadian serupa tidak terulang lagi.

Advertisement
Tags
Afrika Selatan laut Luar negeri news
Share