5 Destinasi Cantik yang Masih Tersembunyi di Yogyakarta

Advertisement
Advertisement

Mulai bosan dengan tempat wisata Jogja yang itu-itu saja? Mungkin yang harus Anda lakukan adalah menjelajah lebih dalam sebab Yogya masih menyimpan banyak destinasi wisata cantik yang masih tersembunyi dari radar para turis.

Banyak tempat keren di Yogya yang belum banyak diketahui wisatawan. Jika Anda mencari inspirasi tempat wisata baru di kota ini mungkin daftar lima tempat ini dapat membangkitkan gairah Anda untuk datang lagi ke Yogyakarta. Inilah 5 destinasi cantik yang masih tersembunyi di Yogyakarta.

1. Pemandian Tirta Budi “Blue Lagoon” – Sleman

Blue Lagoon [image source]
Destinasi wisata berikut ini tentu masih sangat asing di telinga traveler meski sudah puluhan kali ke Yogyakarta, sebab tempat ini masih tersembunyi. Pemandian Tirta Budi atau disebut juga dengan “Blue Lagoon” adalah destinasi wisata yang masih tersembunyi di Yogyakarta yang bisa menjadi pilihan liburan Anda.

Blue Lagoon [image source]
Lokasinya berada di Widodomartani, Sleman. Untuk menuju lokasi ini traveler membutuhkan waktu sekitar 30 menit perjalanan dari pusat kota Yogya ke arah utara. Dinamakan Blue Lagoon sebab kolam yang terbentuk secara alami ini memiliki air berwarna biru muda akibat pantulan cahaya matahari. Para wisatawan dapat mengunjungi pemandian ini setiap hari pada pukul 06.00-18.00.

Lokasi : Widodomartani, Ngemplak, Sleman

2. Kebun Buah Mangunan – Bantul

Kebun Buah Mangunan [image source]
Kebun Buah Mangunan yang ada di Bantul adalah destinasi wisata baru yang bisa Anda kunjungi di Yogyakarta. Tempat ini belum banyak di ketahui wisatawan sehingga suasananya masih sepi dan nyaman. Meski namanya adalah kebun buah namun suguhan utama dari tempat ini bukanlah buah-buahan melainkan panorama bukit, kelok sungai Oya dan hamparan Laut dari kejauhan.

Kebun Buah Mangunan [image source]
Di tempat ini pula Anda dapat menikmati sunset yang indah. Tak jauh dari Kebun Buah Mangunan terdapat kawasan Hutan Pinus Dlingo yang sejuk dan tenang. Untuk dapat menikmati pemandangan eksotis di sana Anda perlu berkendara sekitar setengah jam dari pusat kota Yogya ke arah tenggara. Naik motor adalah cara yang paling mudah sebab jalan menuju lokasi masih sempit sehingga tidakmemungkinkan kendaraan besar seperti bus untuk melintas.

Lokasi : Mangunan, Dlingo, Bantul

3. Gumuk Pasir Parangkusumo – Bantul

Gumuk Pasir [image source]
Masih di daerah Bantul lokasi keren yang bisa Anda kunjungi adalah Pantai Parangkusumo. Bukan untuk bermain air namun bermain sand boarding di Gumuk Pasir Parangkusumo. Karakter Gumuk Pasir di Parangkusumo ini akan mengingatkan Anda dengan gurun pasir yang ada di negara-negara Timur Tengah.

Gumuk Pasir [image source]
Gumuk Pasir Parangkusumo berada di hilir sungai Opak, tepatnya di Desa Parangtritis atau sekitar 40 menit perjalanan dari pusat kota Yogya. Jika masih bingung ambil saja jalur menuju Pantai Parangtritis sebab rute kedua tempat ini sama. Di sana Anda bisa menyewa papan selancar untuk bermain selancar pasir.

Lokasi : Jalan Pantai Parangkusumo, Parangtritis, Kretek, Bantul

4. Pantai Gua Cemara – Bantul

Pantai Goa Cemara [image source]
Jangan terkecoh dengan nama lokasi berikut ini. Anda tidak akan dibawa untuk menjelajahi gua namun akan diajak bermain di pantai. Kog bisa? Ya, meski namanya adalah Pantai Gua Cemara namun tidak ada gua sama sekali di sana.

Pantai Goa Cemara [image source]
Maksud dari nama tersebut adalah bahwa setiap traveler yang akan berkunjung ke pantai mereka harus melewati rangkaian pohon cemara yang membentuk seperti gua. Pantai ini belum banyak diketahui wisatawan sehingga belum banyak fasilitas yang tersedia di sana. Jika berminat mengunuungi pantai ini, Anda perlu berkendara 15 menit ke arah barat dari Gumuk Pasir Parangkusumo.

Lokasi : : Jalan Lintas Selatan, Patihan, Gadingsari, Sanden, Bantul,

5. Punthuk Setumbu – Karangrejo

Punthuk Setumbu [image source]
Sedikit bergeser ke luar Yogya ada Punthuk Setumbu. Tempat ini berupa bukit yang memungkinkan wisatawan dapat melihat kemegahan Candi Borobudur di kala pagi sekaligus menunggu terbitnya matahari dari balik Gunung Merapi dari perspektif yang berbeda.

Punthuk Setumbu [image source]
Lokasinya berada di Desa Karangrejo, Borobudur, Magelang atau sekitar 3 kilometer dari Borobudur. Untuk dapat menuju lokasi ini traveler diharuskan berjalan kaki mendaki jalan setapak sekitar 30 menit. Di atas bukit tersedia warung kopi, toile dan gazebo. Tarif masuk ke Punthuk Setumbu ini adalah Rp. 15.000 per orang.

Lokasi : Jl.Borobudur Ngadiharjo KM3, Kurahan, Karangrejo, Borobudur, Karangrejo, Magelang

Itulah objek  wisata Jogja yang masih luput dari radar para traveler. Karena belum ramai dikunjungi maka datang ke tempat-tempat tersebut dijamin akan memberikan pengalaman menarik bagi liburan Anda.

Advertisement
Tags
Alam Explore Jogja wisata jogja
Share