Sungai-sungai Keren di Indonesia Ini Dulu Biasa Sekarang Istimewa

Advertisement

Keindahan alam Indonesia memang memiliki banyak sekali potensi. Bahkan tempat-tempat yang bukan merupakan destinasi wisata, bisa saja melejit namanya di media sosial. Seperti sawah dan kebun bunga yang mendadak hits di sepanjang tahun 2017 lalu. Disadari atau tidak, hal serupa terjadi terhadap beberapa sungai yang ada di negara kita. Seperti empat sungai ini.

1. Kolam Abadi

Merupakan hulu sungai [image source]
Kolam Abadi merupakan sebuah hulu sungai yang cantik. Bagian terdalam dari tempat ini mencapai 3 meter, tapi dasar kolam yang berisi batu dan pasir dapat terlihat dengan jelas karena saking jernihnya. Destinasi wisata yang memiliki air segar dan kebiruan ini berada di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Air kolam abadi yang jernih [image source]

2. Leuwi Kursi

Batuan yang membentuk tangga [image source]
Dari Sumatera Utara beraling ke Garut, Jawa Barat. Bernama Leuwi Kursi, tempat ini menyuguhkan pemandangan air sungai yang biru serta pola bebatuan yang menarik. Dalam istilah geologi batuaan ini disebut dengan istilah Columnar Joint. Di mana batuan tersebut memiliki bentuk hexagonal dan terbagi dalam kolom-kolom.

Arus yang tak terlalu deras [image source]

3. Green Canyon Guwang

Tebing-tebing yang menyerupai Grand Canyon USA [image source]
Batuan serupa Grand Canyon di Amerika Serikat juga dapat kamu temui di daerah Guwang, Gianyar, Bali. Meski tak identik 100%, tapi keindahannya masih bersaing. Daya tarik dari Green Canyon Guwang adalah pemandagan tebing batu di tepi sungai yang memiliki tinggi sekitar 20 hingga 30 meter, dengan aliran sungai yang berwarna biru langit.

Disebut juga dengan nama hidden canyon [image source]

4. Cukang Taneuh

Air jernih saat kemarau [image source]
Cukang Taneuh atau yang akrab dengan nama Green Canyon ini berada di Pangandaran. Dalam wilayah ini kamu dapat menemukan gua, sungai dengan dinding batuan, dan air terjun. Lokasinya yang berada di kaki Gunung Ciremai, membuat panorama indah sungai ini bersinergi dengan sejuknya udara pegunungan.

Biasa digunakan untuk body rafting [image source]
Indonesia memang hebat, bahkan sungai saja memiliki keindahan yang luar biasa sehingga mampu membuatnya menjadi destinasi wisata yang banyak diminiati. Sudah pernah mengunjungi tempat-tempat di atas?

Advertisement
Tags
Bali Indonesia Jawa Barat Sumatera Utara Wisata Alam
Share