Destinasi Wisata Penawar Gerah di Banyuwangi, Bikin Senin Segar Kembali

Hangga Prayudi

Hangga Prayudi

On Indonesia

Kabupaten dengan slogan Sunrise of Java ini memang menyimban banyak destinasi wisata. Bahkan reputasinya di bidang pariwisata telah mendunia. Selain dikenal dengan Kawah Ijen yang begitu tersohor, masih ada banyak wisata Banyuwangi lain dengan cuaca sejuk dan benar-benar mampu menggeser gerah dan panas.

Agrowisata Kalibendo

Perkebunan kopi hingga karet via instagram/@donaca

Jika ingin memanjakan mata dengan pemandangan alam serba hijau, Agrowisata Kalibendo bisa masuk dalam daftar destinasimu. Kawasan perkebunan ini berjarak 20 kilometer dari pusat kota. Lokasinya terletak di dataran tinggi dan memiliki tanaman khas seperti kopi, karet, dan cengkeh. Daya tarik utama dari tempat ini adalah udara sejuk dan suasana pedesaannya.

Aliran sungai yang masih bersih via instagram/@ananta.maulana

Agrowisata Kali Klatak

Agrowisata Kali Klatak via instagram/@yurs

Dulu, perkebunan ini dikelola oleh perusahaan Belanda Mij Moorman & Co. Namun pada tahun 1957 Agrowisata Kali Klatak ini berpindah tangan ke R.Soehoed Prawiroatmodjo, seorang pengusaha pribumi yang fokus dalam tanaman kopi dan kakao. Tak hanya menyuguhkan pemandangan kebun nan asri, lokasi ini menampilkan peragaan pengolahan biji kopi hingga menjadi bubuk.

Bekas perkebunan milik Belanda via instagram/@saa_hadi

Jawatan Benculuk

Tempat yang menyenangkan untuk berfoto via instagram/@wenidianaa

Pohon-pohon trembesi raksasa adalah keindahan Jawatan Benculuk yang paling menjual. Tempat yang memiliki luas sebesar 3,8 hektar ini dipenuhi oleh pohon trembesi yang ditanam dengan cukup rapi dan tertata. Selain indah, ternyata pohon trembesi juga termasuk salah satu tumbuhan yang menghasilkan oksigen dengan kuantitas di atas rata-rata. Selain menyegarkan isi kepala, kamu juga bisa puas menghirup udara tanpa polusi.

Kayu-kayu yang ditumpuk juga bisa menjadi properti foto via instagram/@nengsrisusanti

Hutan Pinus Songgon

Salah satu spot di Hutan Pinus Songgon via instagram/@p_angga23

Dibuka pada Oktober 2016, destinasi wisata ini memiliki hamparan hutan pinus yang mampu memikat para pelancong. Keberadaan pepohonan pinus yang menjulang tinggi tentu membuat suasana adem. Payung-payung menggantung, rumah pohon, dan hammock yang terpasang menghubungkan dua pohon adalah fasilitas yang disediakan untuk para wisatawan.

Hutan pinus songgon saat kabut via instagram/@aurora_portraiture

Menjelajah Banyuwangi tak hanya semata tentang Kawah Ijen atau Teluk Hijau saja. Masih banyak destinasi lain yang tak kalah menarik. Seperti empat lokasi yang telah dituliskan pada poin di atas. Tempat mana yang ingin kalian tuju saat datang ke Banyuwangi?