Long Weekend Seru di Pulau Lembata, Destinasi yang Serba Ada

Hangga Prayudi

Hangga Prayudi

On Indonesia

Lembata adalah nama kabupaten sekaligus pulau yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Letaknya berada di timur Pulau Flores. Meskipun luas daratannya tak terlalu besar, sekitar 1.266 kilometer persegi, pulau ini memiliki beragam destinasi wisata alam yang mampu memikat para pelancong.

Bukit Cinta Waijarang

Perbukitan yang tertutup rereumputan via instagram/@yusantaavi

Nusa Tenggara Timur memiliki bentuk lansekap yang khas berupa perbukitan yang diselimuti hamparan savana dan laut lepas di sekitarnya. Hal serupa juga dapat ditemukan pada destinasi ini. Bukit-bukit hijau yang bertemu dengan birunya air laut membuat pemandangan begitu kontras dan indah. Bukit Cinta hanya berjarak 20 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor dari Kota Lewoleba, ibu kota Kabupaten Lembata.

Savana yang mengering saat kemarau via instagram/@siscasitohang

Bukit Doa Watomiten

Patung di perbukitan dengan latar belakang laut lepas via instagram/@yusantaavi

Berbeda dengan Bukit Cinta wajiarang yang kawasan perbukitannya diselimuti savana, lokasi ini ‘dihuni’ 14 patung yang sangat erat kaitannya dengan umat Nasrani. Tidak heran jika destinasi wisata ini juga sering menjadi tempat memanjatkan doa. Pemandangan sunset di tempat ini juga tak kalah memukau dari panoramanya.

Terdapat 14 patung di Bukit Doa via instagram/@bobbahar

Air Terjun Lodovavo

Air terjun tersembunyi di Lembata via instagram/@atyn_lekan

Lodovavo adalah opsi paling tepat untuk menghilangkan cuaca gerah di Pulau Lembata. Panorama utama di sini adalah air terjun alami dengan ketinggian mencapai 30 meter. Jatuhannya terpecah menjadi dua bagian, sehingga menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan. Namun untuk mencapai air terjun kembar ini kamu harus melewati jalan yang sedikit terjal.

Terdapat dua jatuhan air terjun via instagram/@seraphinaw

Pulau Siput

Senja di Pulau Siput via instagram/@riasikumbi

Pulau Siput disebut masyarakat lokal dengan nama lain Pulau Awelolong. Lokasinya berada di Teluk Lewoleba. Pulau yang tertutup oleh pasir putih ini memiliki luas sekitar 2000 meter persegi dan tempat wisata favorit masyarakat lokal. Untuk mencapai Pulau Siput atau Awelolong ini para wisatawan harus menggunakan transportasi laut dari Lewoleba atau sekitarnya, dengan rata-rata waktu tempuh sekitar 15 Menit.

Hamparan pasir di Pulau Siput via instagram/@lembatamanisle

Mencari destinasi wisata di Pulau Lembata bukan hal yang sulit. Terbukti, destinasi yang tersedia di tempat ini beragam rupanya, mulai dari pantai, air terjun, hingga pulau. Mana yang paling menarik menurutmu?