4 Destinasi Untuk Mengenal Transportasi Udara di Indonesia

Tumpukan bangkai pesawat memang belum dapat ditemukan di Indonesia. Berbeda dengan bangkai kereta atau bus yang telah banyak menghiasi media sosial. Di negara lain seperti Amerika Serikat dan Thailand, kamu dapat menemukan pemandangan bangkai pesawat ini. Namun tak berarti di Indonesia pesawat-pesawat tua tak bisa ditemukan. Coba datang ke empat destinasi wisata pesawat ini.

Taman Wisata Edukasi Dirgantara, Karanganyar

Helikopter dan pesawat di Karanganyar Edupark via instagram
Helikopter dan pesawat di Karanganyar Edupark via instagram/_jundimusthofa_

Taman Wisata Edukasi ini dibuka pada tahun 2015 dan menarik perhatian wisatawan dengan cepat. Di dalamnya terdapat pesawat boeing 737-300 sebagai wahana yang bernama Lawu Air. Lokasinya bersebelahan dengan kolam renang Intanpari. Sehingga kamu hanya perlu membayar satu tiket untuk dua wahana tersebut.

Museum Satria Mandala, Jakarta

Seorang anak sedang berpose di Satria Mandala Museum via instagram
Seorang anak sedang berpose di Satria Mandala Museum via instagram/jovarelcallum

Museum dibuka pada  tahun 1972 dan diresmikan oleh Mantan Presiden Soeharto. Di dalamnya kamu dapat menemukan berbagai macam benda-benda perang. Miniatur kapal perang, meriam, rudal, pesawat terbang, torpedo, hingga rudal adalah contohnya. Museum yang dimiliki oleh Tentara Nasional Indonesia ini berada di Jalan Gatot Subroto 14-16, Jakarta Selatan.

Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala, Yogyakarta

Koleksi pesawat di Museum Dirgantara Mandala via instagram
Koleksi pesawat di Museum Dirgantara Mandala via instagram/xiwox_woko

Awalnya Museum Dirgantara Mandala berada di Jakarta, karena Jogja merupakan tempat kelahiran TNI AU, dipindahlah museum ini. Museum ini memiliki berbagai macam koleksi di dalamnya. Sebanyak 36 pesawat terbang, 1000 foto, 28 diorama, lukisan, hingga tanda kehormatan dapat kamu temukan di dalamnya. Namun dari jumlah tersebut terdapat replika pesawat Dakota VT-CLA yang merupakan masterpiece museum ini.

Taman Air 100 Janti, Polanharjo

Pesawat yang berubah fungsi menjadi bioskop via instagram
Pesawat yang berubah fungsi menjadi bioskop via instagram/montor.mabur

Pemancingan dan rumah makan ini memiliki pemandangan yang jauh berbeda. Bagaimana tidak, di dalam areanya terdapat pesawat Boeing 737-200. Uniknya lagi, bagian kabin pesawat ini disulap menjadi bioskop mini. Meskipun begitu tak banyak yang diubah dari pesawat ini. Kursi dan bagasi kabin tetap mengadaptasi bentuk aslinya.

Meskipun tak memiliki penampungan bangkai pesawat, kamu tetap dapat menemukan badan pesawat yang berubah fungsi. Beberapa juga masih dapat kamu temukan di dalam museum dalam bentuknya yang masih asli. Dari empat lokasi di atas ada yang pernah kamu kunjungi?

Tags
Indonesia PEsawat Wisata
Share