Tak Hanya Penjara, Nusakambangan Juga Punya Destinasi Wisata yang Menarik

Hangga Prayudi

Hangga Prayudi

On Indonesia

Baru-baru ini, publik dibikin heboh dengan statement Anwar Fuady yang menuntut artis pecandu narkoba untuk dikirim ke Nusakambangan. Banyak yang bergidik ngeri mengingat reputasi Nusakambangan sangat akrab dengan penjara kejam bagi narapidana dengan kasus-kasus yang berat. Memang, kebanyakan penghuninya adalah orang-orang yang terjerat kasus narkoba dengan skala besar, korupsi, hingga terorisme. Padahal jika melihat dari perspektif lain, pulau yang berada di lepas pantai Cilacap ini juga memiliki destinasi wisata yang indah dan unik. Tidak percaya? Yuk kita telusuri!

1. Pantai Permisan

Pesisir pantai Permisan, via instagram/@taromhermansyah

Lokasinya berada di pesisir selatan Pulau Nusakambangan, pantai ini tergolong destinasi yang masih alami. Pasirnya bergradasi, hasil percampuran dari pasir putih dan hitam. Karena berada di selatan, otomatis destinasi ini memiliki ombak yang besar. Namun saat surut kamu dapat berdiri pada beberapa batu karang besar yang ada di depan pantai.

Pisau Komando yang menancap di karang, karena destinasi ini biasa digunakan latihan komando, via instagram/@adriandaru87

2. Pantai Karang Pandan

Pengunjung yang sedang bermain air di Pantai Karang Pandan, via instagram/@fotohery

Berbeda dengan Permisan, Pantai Karang Pandan memiliki pasir putih yang lembut. Sesampainya di Nusakambangan, setelah menyebrang dari Teluk Penyu, hanya perlu berjalan kaki selama 30 menit saja untuk sampai di sini. Namun tak perlu panik jika enggan berjalan kaki, banyak warga lokal yang menawarkan jasa mengantar dengan harga tertentu.

Pesisir Pantai Karang Pandan, via instagram/@erchiust

3. Benteng Pendem

Gerbang Benteng Pendem via instagram/@nfaizah7

Benteng ini dibangun oleh pemerintahan Belanda pada tahun 1879. Meskipun saat ini Benteng Pendem berdiri dengan megah, dulu destinasi ini pernah terbengkalai. Bahkan hingga tertutup oleh pasir pantai. Dulu tempat ini berfungsi sebagai pertahanan Belanda dari musuh-musuh yang datang dari arah selatan.

Peninggalan sejarah yang dilestarikan sebagai cagar budaya, via instagram/@bayu.wibowo.3738

4. Benteng Karang Bolong

Bagian dalam Benteng Karang Bolong, via instagram/@ulirrrr

Benteng Karang Bolong terletak tidak jauh dari Pantai Karang Pandan. Benteng seluas 6000 meter persegi ini merupakan garis pertahanan Portugis yang akhirnya berhasil dikuasai oleh Belanda. Lokasinya tersembunyi di balik hutan dan memiliki bangunan berbentuk huruf U. Tembok-tembok yang terbengkalai tersebut banyak ditumbuhi tanaman-tanaman liar beserta akarnya.

Peninggalan sejarah yang terbengkalai via instagram/@visit.cilacap

Citra Nusakambangan sebagai pulau penjara bagi narapidana kelas berat telah melekat, namun bukan berarti tempat ini tidak memiliki keindahan. Bahkan kamu tak hanya dapat menemukan destinasi wisata yang indah, peninggalan sejarah Indonesia juga dapat ditemui di sini. Berani mencoba datang ke pulau ini?