Nirwana Wisata Air Kepulauan Kei, Mutiara di Maluku

Tempat ini disebut warga setempat dengan nama Nuhu Evav, dalam bahasa lokal nuhu memiliki arti sebagai kepulauan. Kei sendiri terdiri dari delapan kepulauan inti. Mayoritas memiliki keindahan bahari yang luar biasa. Pantai-pantai unik dan keindahan bawah air yang memukau adalah daya tarik utama bagi Kepulauan Kei.

Pasir Selembut Tepung di Pantai Nglurboat

Air Pantai Pasir Panjang yang masih begitu jernih via instagram/@rahajaan_nita_f

Panjang pesisir pantainya mencapai lima kilometer, maka itu Nglurboat memiliki nama lain Pasir Panjang. Destinasi ini juga mendapat predikat sebagai pantai dengan pasir terlembut di kawasan Asia. Benar, kamu dapat menemukan pasir sehalus tepung di sini. Perpaduan pohon kelapa dan air laut jernih tentu saja menjadikan tempat ini sebagai destinasi yang patut dikunjungi.

Pesisir pantai sepanjang lima kilometer dengan pohon kelapa di tepinya via instagram/@raynarwadan

Habitat Pelikan di Pantai Ngurtavur

Pengunjung dapat berjalan ke tengah laut hingga 2 kilometer via instagram/@leonard_c4me

Pantai Ngurtavur memiliki keunikan tersendiri yang dapat memukau wisatawan. Pasirnya membentang ke tengah perairan bagaikan membelah laut. Kamu bisa berjalan sejauh 2 kilometer menuju tengah hamparan air laut berwarna biru muda yang sejernih kristal. Selain itu, keunikan lain dari tempat ini adalah habitat untuk burung pelikan.

Pada saat tertentu, banyak burung pelikan yang datang ke sini via instagram/@hafiedzuk23

Menjelajah Celah Batuan Karst di Pulau Bair

Batu-batu karst di Pulau Bair via instagram/@buchari_m

Pulau Bair memiliki berbagai macam jenis mangrove dan tebing-tebing batu yang menjulang. Selain itu, air jernih berwarna biru muda membuat segala kehidupan di bawah air yang indah tampak jelas terlihat. Kamu juga dapat menyusuri celah-celah pulau batu karst dengan perahu tradisional di sini. Banyak yang menyebut tempat ini sebagai Raja Ampatnya Maluku.

Celah-celah Batu Karst yang dapat digunakan untuk berenang via instagram/@vtjoanda

Kolam Air Jernih dalam Gua Hawang

Kolam yang berada di dalam Gua Hawang via instagram/@ilhamarch

Gua Hawang memiliki air berwarna biru jernih, sehingga batu-batu yang ada di dasarnya terlihat dengan jelas. Kolam ini terhubung langsung dengan mata air Evu, sumber terbesar yang melewati kanal sungai bawah tanah. Menariknya, ada dua buah gua yang berjarak 15 meter dan dihubungkan oleh sungai tersebut.

Kolam dengan air sejernih kristal via instagram/@hardyzk

Bagian timur Indonesia memang selalu menyimpan pesona wisata yang luar biasa. Di satu sisi banyaknya pulau yang tersebar di negara kita memberikan nilai lebih, yaitu keindahan destinasi wisata bahari. Namun, hal itu juga yang menjadi salah satu penyebab meratakan pembangunan infrastruktur butuh waktu yang panjang. Tapi itu bukan menjadi alasan untuk tidak dapat berkunjung ke sana bukan?

Tags
Indonesia Kepulauan Kei Maluku Wisata
Share