Rekomendasi Wisata di Bulan Agustus, Traveling dengan Nuansa Kemerdekaan

Bulan Agustus merupakan bulan terpenting bagi Republik Indonesia. Tanggal 17 mendatang merupakan saat di mana Indonesia mendapatkan kemerdekaannya. Dalam bulan ini berbagai tempat merayakan kemerdekaan secara meriah dengan berbagai cara. Baik lomba yang diselenggarakan dalam setiap kampung, maupun upacara yang dilangsungkan secara khidmat. Sebagai orang yang hobi traveling, teman traveler juga dapat turut merayakan hari besar ini. Teman traveler dapat melakukan napak tilas ke destinasi wisata kemerdekaan Indonesia ini.

1. Tugu Proklamasi

Tugu Proklamasi via travel.kompas.com

Sebelumnya, tempat ini merupakan rumah Bung Karno yang berada di Jalan Pegangsaan Timur nomor 56, Jakarta. Saat ini, jalan tersebut berubah nama menjadi Jalan Proklamasi. Tempat merupakan lokasi pembacaan naskah proklamasi pertama yang dibacakan oleh Bung Karno pada tanggal 17 Agustus 1945. Saat ini rumah tersebut menjadi monumen dengan patung Bung Karno dan Bung Hatta yang membacakan naskah proklamasi seperti apa yang ada di foto saat pembacaan proklamasi

2. Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok

Monumen Kebulatan Tekad via blogunik.com

Sebelum Kemerdekaan Indonesia dikumandangakan, terjadi perdebatan antara golongan tua dan muda. Monumen ini didirikan untuk memperingati terjadi kesepakatan antara dua golongan tersebut. Terdapat sebuah tugu di tempat ini yang memiliki teks proklamasi pada dindingnya. Di atasnya terdapat bola yang bertuliskan tanggal kemerdekaan Indonesia dengan tangan mengepal.

3. Rumah Rengasdengklok

Rumah Rengasdengklok via arstory.net

Rumah Rengasdengklok merupakan salah satu destinasi wisata kemerdekaan. Rumah ini merupakan tempat yang digunakan anggota PETA dan golongan muda untuk membawa Soekarno dan Hatta sebelum membacakan naskah proklamasi. Peristiwa Rengasdengklok ini terjadi pada tanggal 16 Agustus 1945, satu hari sebelum proklamasi dibacakan. Saat ini bentuk bangunannya masih sama persis seperti aslinya. Termasuk dengan tatanan furniturnya dan tempat tidur Bung Karno.

4. Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Bagian dalam Museum Perumusan Naskah Proklamasi via pecintawisata.wordpress.com

Museum ini dulunya merupakan rumah seorang perwira Jepang yang membantu kemerdekaan Indonesia, Laksmana Maeda. Di dalamnya terdapat ruangan dengan berbagai benda bersejarah yang dikenakan tokoh Indonesia saat melakukan perumusan teks proklamasi. Pada bagian belakang museum, terdapat bunker rahasia tempat Laksmana Maeda menyimpan barangnya.

5. Gedung Juang 45

Gedung Juang 45 via myeatandtravelstory.wordpress.com

Berada di kawasan Menteng, Gedung Juang 45 adalah museum yang diresmikan Soeharto pada tahun 1974. Dulunya gedung ini merupakan tempat yang dibangun untuk program politik pada tahun 1942. Program tersebut merupakan program untuk pemuda Indonesia yang dibiayai oleh Jepang. Di dalamnya teman traveler dapat menemukan beberapa dokumentasi dan lukisan yang berhubungan dengan kemerdekaan Indonesia.

Dengan perjalanan mencapai kemerdekaan yang begitu panjang, tak heran jika terdapat banyak monumen kemerdekaan di Indonesia. Seperti beberapa tempat yang telah disebutkan di atas.

Tags
Indonesia kemerdekaan Nasional Wisata
Share