Kalahkan Bali, Inilah Sejumlah Destinasi Wisata Indonesia Favorit Wisman

Bali sejak lama menjadi salah satu destinasi favorit para wisman alias wisatawan mancanegara. Namun seiring berjalannya waktu, mata dunia jadi semakin terbuka dengan keindahan yang ada di bagian lain Tanah Air. Belakangan bahkan mulai ada banyak destinasi wisata Indonesia favorit wisman, yang popularitasnya mengalahkan Pulau Dewata.

Sejumlah lokasi seperti Gunung Rinjani dan Danau Toba terbukti telah sanggup mempesona para turis asing dari berbagai belahan dunia. Bahkan bukan tak mungkin tempat-tempat tersebut akan menggusur posisi Bali di masa mendatang. Berikut adalah daftar sejumlah destinasi wisata Indonesia favorit wisman selain Bali, sebagaimana dilansir The Culture Trip.

1. Pulau Morotai di Maluku Utara punya kekayaan bahari luar biasa. Perairan di sini teramat jernih, cocok untuk penggemar wisata air dan penyuka snorkeling.

Keindahan Perairan di Morotai
Keindahan Perairan di Morotai via Instagram pigijoo

2. Pulau Morotai pernah jadi arena pertarungan semasa Perang Dunia II, hingga di dasar lautnya banyak bangkai kapal dan pesawat terbang.

Ilustrasi wreck diving
Ilustrasi wreck diving via Instagram divingphoto

3. Tanjung Puting belakangan juga cukup terkenal. Di turis bisa merasakan pengalaman menyusuri hutan sambil naik kapal dan bertemu bekantan.

Menjelajah Tanjung Puting sambil naik kapal
Menjelajah Tanjung Puting sambil naik kapal via Instagram tanjungputing

4. Wakatobi adalah lokasi wajib bagi para penyelam. Gugusan terumbu karang di sini konon hanya kalah dari Great Barrier Reef yang ada di Australia.

Keindahan perairan Wakatobi
Keindahan perairan Wakatobi via Instagram wakatobidivetrip

5. Perairan di Wakatobi mencapai 1,4 hektar. Di bawah permukaannya terdapat 750 spesies karang, 942 spesies ikan, serta penyu, paus, dan lumba-lumba.

Keindahan terumbu karang di Wakatobi
Keindahan terumbu karang di Wakatobi via Instagram jhenriano

6. Gunung Rinjani sudah memukau banyak orang sejak lama. Dengan ketinggian 3.726 meter, Rinjani adalah salah satu titik terindah di Lombok.

Pemandangan menawan di Puncak Rinjani
Pemandangan menawan di Puncak Rinjani via Instagram thefooddiva

7. Banyuwangi diam-diam punya banyak spot wisata yang sangat menarik di mata wisman. Salah satunya blue fire di Kawah Ijen.

Fenomena blue fire di Kawah Ijen
Fenomena blue fire di Kawah Ijen via Instagram visitijen

8. Di Banyuwangi juga ada Taman Nasional Baluran. Suasana alamnya yang begitu kering memberikan kesan seolah kita sedang berada di Afrika.

Pemandangan alam di Taman Baluran
Pemandangan alam di Taman Baluran via Instagram gogo_gzli

9. Komodo konon merupakan keturunan terakhir dinosaurus di muka bumi. Hewan ini hanya ada di Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur.

Komodo di Taman Nasional
Komodo di Taman Nasional via Instagram daviskimball

10. Danau Toba adalah danau vulkanik terbesar di Asia Tenggara. Di tengahnya terdapat Pulau Samosir dengan beragam kekayaan budaya Batak menarik.

Pemandangan indah Danau Toba
Pemandangan indah Danau Toba via Instagram wisatalah

Indonesia destinasi favorit turis asing

Dilihat dari sisi infrastruktur, Indonesia sebenarnya tidak termasuk negara yang terlalu maju. Ditambah lagi dengan iklim politik di Tanah Air yang cenderung berubah-ubah. Namun demikian, ada alasan yang diyakini membuat para wisman betah berkunjung, beberapa di antaranya:

  • Penduduk Indonesia dikenal ramah. Mereka sering melempar senyum pada semua orang, bahkan pada yang belum dikenal sekalipun
  • Keindahan Indonesia cukup lengkap. Mulai dari danau, pengunungan, hutan, hingga lautan memukau, semuanya ada di Nusantara
  • Memanjakan para pemuja matahari terbit. Ada banyak lokasi untuk mendapatkan pemandangan sunrise ciamik di Indonesia, sepeti Gunung Rinjani, Semeru, maupun Merbabu
  • Berkeliling Indonesia tak hanya dibatasi kendaraan umum. Para turis bisa memanfaatkan beragam transportasi, mulai dari yang tradisional seperti di delman dan dokar, hingga sepeda motor
  • Indonesia juga punya ragam warisan kuliner tradisional memikat. Citarasa kaya rempah dalam masakan khas Nusantara sulit ditemukan di tempat lain

Itulah tadi pemaparan singkat mengenai sejumlah destinasi wisata Indonesia favorit wisman, yang popularitasnya tak kalah dari Bali. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi yang ingin merencanakan perjalanan liburan di masa mendatang.

Tags
Indonesia Wisata
Share