Ini Dia Empat Destinasi Wisata Dirgantara di Indonesia

Tanggal 29 Juli merupakan angka yang sakral bagi TNI Angkatan Udara. Pasalnya pada tanggal tersebut terdapat dua kejadian penting. Pertama adalah berhasilnya TNI AU memukul mundur pasukan Belanda di Semarang, Ambarawa, dan Salatiga. Sedangkan yang kedua adalah jatuhnya pesawat Dakota VT-CLA yang mengakibatkan gugurnya beberapa perintis angkatan udara Republik Indonesia. Untuk menyambut momen tersebut, teman traveler dapat mengunjungi destinasi wisata dirgantara di Indonesia ini.

Taman Wisata Edukasi Dirgantara, Jawa Tengah

Taman Wisata Edukasi Dirgantara via instagram/kabupatenkaranganyar

Taman Wisata Edukasi ini dibuka pada tahun 2015 dan menarik perhatian wisatawan dengan cepat. Di dalamnya terdapat pesawat boeing 737-300 sebagai wahana yang bernama Lawu Air. Lokasinya bersebelahan dengan kolam renang Intanpari. Sehingga teman traveler hanya perlu membayar satu tiket untuk dua wahana tersebut.

Wisata Edukasi Gondang Outbond, Lamongan

Wisata Edukasi Gondang Outbond via youtube

Hal yang paling mencolok dari Wisata Education Gondang Outbond (WEGO) adalah keberadaan pesawat bekas yang menjadi atraksi utamanya. Wahana pesawat bekas ini dinamai WEGO Air. Di dalamnya juga terdapat fasilitas lengkap. Mulai dari AC, kursi, serta bisa bergerak selayaknya sebuah pesawat simulasi. Meskipun mesin aslinya telah dilepas, pesawat ini masih dapat bergerak. Hal tersebut dikarenakan pemasangan sistem hidrolis pada beberapa bagian pesawat.

Museum Karbol Yogyakarta

Bagian depan Museum Karbol via daftarwisatajogja.blogspot.com/

Museum Kabol TNI AU memiliki sekitar 10.000 koleksi berupa komponen dan 40 pesawat terbang  dari berbagai negara yang berada di bagian barat sampai timur. Di dalamnya juga terdapat koleksi lain berupa diorama, patung, tanda-tanda kehormatan, dan lukisan yang tersusun berdasar kronologi kejadian. Salah satu karya unik dari koleksi Museum Dirgantara adalah replika pesawat WEL- I RI-X yang merupakan pesawat pertama rakitan anak negeri.

Taman Air 100 Janti, Klaten

Taman Air 100 Janti via instagram/montor.mabur

Pemancingan dan rumah makan ini memiliki pemandangan yang jauh berbeda. Bagaimana tidak, di dalam areanya terdapat pesawat Boeing 737-200. Uniknya lagi, bagian kabin pesawat ini disulap menjadi bioskop mini. Meskipun begitu tak banyak yang diubah dari pesawat ini. Kursi dan bagasi kabin tetap mengadaptasi bentuk aslinya.

Tak semua orang dapat memiliki kesempatan menjelajah dan mempelajari seluk beluk pesawat. Padahal alat transportasi dengan ukuran yang besar tersebut sangat menarik untuk dipelajari. Kalau teman traveler memiliki ketertarikan dengan pesawat terbang, coba datang ke empat lokasi yang telah disebutkan di atas ya.

Tags
hari Bhakti Angkatan udara Indonesia PEsawat Wisata
Share