Jelajah Destinasi Wisata di Tegal, Isi Penuh Baterai Kameramu!

Tegal, sebuah kawasan di Provinsi Jawa Tengah, beberapa orang familiar dengan kata “inyong” yang dalam bahasa Tegal berarti ‘saya’. Tersohor juga dengan adanya Warung Tegal, yang tersebar di luar Tegal, menjual nasi dengan aneka pilihan lauk dan sayur. Dijual dengan harga terjangkau, digemari semua kalangan. Tidak hanya bahasa dan kulinernya saja yang menarik, daftar wisata di Tegal berikut ini juga patut disinggahi. Sudah siap?

Wana Wisata Prabanlintang

Wana Wisata Prabanlintang via Instagram @exploretegal
Wana Wisata Prabanlintang via Instagram @exploretegal

Wana Wisata Prabanlintang merupakan pohon hutan pinus yang disulap menjadi area selfie. Tempat ini berada di Jalan Raya Danasari Nomor 18, Kecamatan Bojong. Dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor dari pusat kota selama kurang lebih 1 jam. Teman Traveler harus mengisi penuh baterai kamera kalau tidak ingin kelewatan mengambil foto di spot-spot menarik di area ini. Sebut saja rumah pohon, hammock, jembatan kayu, dan tentu saja keindahan pohon pinus. Tidak perlu merogoh kocek terlalu banyak, kalau singgah di sini siapkan saja biaya parkir sekitar Rp5 ribu.

Pantai Alam Indah

Pantai Indah Alam via Instagram @exploretegal
Pantai Indah Alam via Instagram @exploretegal

Pantai Alam Indah dengan panjang garis pantai sekitar 500 meter ini juga tak boleh ketinggalan. Pantai ini merupakan destinasi wisata populer di Kota Tegal yang dikelola oleh Pemerintah Kota Tegal. Asyiknya, lokasinya begitu dekat dari pusat kota, hanya memerlukan waktu 15 menitan saja dengan kendaraan bermotor.

Fasilitas umum di area ini pun lengkap, diantaranya toilet, area parkir luas, rumah ibadah, warung, dan lainnya. Untuk atraksinya, Teman Traveler bisa menjajal berkeliling lautan dengan perahu wisata yang disediakan. Jangan lupa ambil foto seelok mungkin ketika sedang berada di atas perahu ya.

Wisata Guci

Wisata Guci Tegal via Instagram @exploretegal
Wisata Guci Tegal via Instagram @exploretegal

Wisata di Tegal satu ini menawarkan pancuran-pancuran air panas alami dengan keindahan panorama kaki gunung Slamet, yang dipercaya memiliki khasiat tertentu untuk kesehatan tubuh. Dari pusat kota Tegal dilampaui selama 1 jam dengan kendaraan bermotor, melalui pegunungan berkelok-kelok. Untuk dapat singgah di Wisata Guci, Teman Traveler cukup menyiapkan budget Rp10ribuan. Selain pancuran air panas, terdapat sepeda gantung, hammock yang menghadap langsung ke panorama gunung, ada juga kereta gantung, dan lainnya. Sehingga jangan lupa menikmati atraksi-atraksi tersebut sembari mengambil foto ya. Untuk kenang-kenangan.

Wana Wisata Kali Rambut

Wana Wisata Kali Rambut via Instagram @exploretegal
Wana Wisata Kali Rambut via Instagram @exploretegal

WIsata di Tegal dengan view menarik ini berlokasi di Desa Jatinegara Kecamatan Jatinegara Kabupaten Tegal. Kalau dari pusat kota Tegal memakan waktu lebih lama kurang lebih 1 jam. Sedangkan kalau sedang berada di Kabupaten Tegal hanya menghabiskan 40 menitan saja.

Teman Traveler bisa menikmati atraksi di Wana Wisata Kali Rambut Jatinegara, diantaranya rumah pohon, kolam berenang anak-anak, jembatan cinta, dan lainnya. Teman Traveler juga bisa duduk-duduk sembari mengobrol, dengan background indahnya sungai di kawasan ini.

Waduk Cacaban

Waduk Cacaban via Instagram @exploretegal
Waduk Cacaban via Instagram @exploretegal

Waduk Cacaban berada di Kelurahan Penujah Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Tegal. Kalau Teman Traveler berangkat dari pusat kota Tegal, akan melalui perjalanan sejauh setidaknya 40 menit. Memasuki pintu masuk Danau Cacaban yang telah dibuka untuk wisata sejak tahun 1980an ini, akan disambut dengan rumah pohon tanpa atap atau biasa disebut ranggon. Bersantai di dermaga sembari menghayati air danau yang tenang dengan pemandangan pegunungan. Cukup menyiapkan budget untuk tiket masuk dan biaya parkir paling tidak Rp10ribu.

Sudah bisa membayangkan betapa asyiknya menjelajah wisata di Tegal yang diulas di atas? Kalau sedang berada di Tegal atau sekitarnya, jangan lupa mampir ya. Dan tentu siapkan kamera dengan baterai penuh! Bagaimana, cocok untuk destinasi akhir pekan ini?

Tags
Indonesia Jawa Tengah Tegal Wisata
Share