Seharian Berlibur di Kudus, Ke Destinasi Ini Aja

Hangga Prayudi

Hangga Prayudi

On Indonesia

Di Jawa Tengah, reputasi Kudus tak bisa lepas dari rokok kretek. Kabupaten yang berbatasan dengan Jepara di bagian barat ini memang menjadi produsen rokok kretek terbesar di Jawa Tengah. Selain itu, wilayah yang juga erat kaitannya dengan perkembangan Islam pada abad pertengahan ini juga memiliki destinasi wisata menarik. Bahkan dengan waktu satu hari, kamu bisa mendatangi beberapa wisata di Kudus sekaligus.

Menghirup Udara Pagi di Bukit Ternadi

gardu pandang yang menghadap perbukitan [image source]
Destinasi yang berada di Kecamatan Dawe ini menawarkan pemandangan perbukitan, lansekap Kudus dari ketinggian, serta Waduk Logung. Dengan lokasinya yang berada di perbukitan, tempat ini juga menyediakan gardu pandang dan tentunya spot-spot foto dengan latar belakang rimbun pepohonan. Maka itu, pagi hari menjadi waktu yang cocok untuk datang ke sini. Menghirup udara pagi di perbukitan tentu sedikit membantu otak menjadi segar kembali bukan?

Spot foto berbentuk bunga [image source]

Taman Oasis, Tempat Teduh untuk Destinasi Siang Hari

Monumen dengan bemtuk unik di Taman Oasis [image source]
Destinasi ini terletak di Kecamatan Bae, tidak jauh dari Universitas Muria Kudus. Monumen berbentuk unik bertuliskan Djarum Oasis Kretek Factory akan menyambutmu saat pertama masuk. Di dalamnya terdapat taman dengan aneka pepohonan hijau dan juga bunga-bunga. Tempat yang satu ini dapat menjadi opsi untuk dikunjungi saat siang hari. Kamu bisa bersantai di bawah pohon dan duduk di hamparan rumput yang luas sembari menunggu waktu untuk datang ke destinasi berikutnya.

Rumpu dan pepohonan yang dapat digunakan untuk bersantai [image source]

Menghabiskan Sore di Tebing Grey Canyon

bekas pertambangan pasir dan batu [image source]
Kamu dapat menemukan tempat yang menyerupai Grand Canyon di Kabupaten Kudus. Daerah yang dikenal sebagai destinasi wisata religi ini menyimpan satu tempat unik bernama Grey Canyon. Sebelumnya, tempat ini merupakan tambang batu dan pasir seperti Brown Canyon yang ada di Semarang. Karena bekas cerukan yang membentuk tebing dengan tekstur berlapis-lapis, banyak yang datang kemari untuk menghabiskan waktu sore atau sekedar melakukan swafoto sembari menunggu matahari tenggelam.

Mendadak menjadi spot foto instagenic di Kudus [image source]

Mengakhiri Malam di Taman Lampion

Gerbang Taman Lampion [image source]
Taman Lampion dapat menjadi destinasi terakhir sebelum menutup hari. Di taman ini terdapat banyak hal menarik yang bisa kita temukan, seperti lampion berbentuk tokoh Doraemon hingga Pokemon. Tak hanya itu, ada juga yang berbentuk hewan, seperti bebek dan kuda. Untuk menarik perhatian, lentera tersebut diberi warna putih menyala.

Terowongan dengan lampu warna-warni [image source]
Banyak anggapan bahwa liburan tak cukup dengan waktu satu hari. Namun di Kudus, hal itu tak berlaku. Kamu bisa menghabiskan waktu mulai pagi hingga malam untuk datang ke destinasi-destinasi di atas. Liburan singkat juga bisa menjadi seru juga bukan?