Tempat-tempat Menakjubkan di Buleleng, Harus Masuk ‘Bucket List’

Berbagai tempat yang memiliki potensi telah dikelola dengan baik di Bali sehingga wisatawan yang datang sangat dimudahkan dalam segala hal, baik akses maupun fasilitas. Hal tersebut juga menjadi salah satu alasan mengapa Pulau Bali sangat diminati, meskipun daerah-daerah lain sebenarnya memiliki potensi yang mampu bersaing. Bahkan setiap kabupaten yang ada di Pulau Bali memiliki destinasi-destinasi wisata keren yang juga harus masuk pada daftar perjalananmu berikutnya. Seperti wisata di Buleleng berikut ini.

1. Air Terjun Aling-Aling

Air Terjun Aling-Aling di Buleleng via instagram/@ebsc

Air Terjun Aling-Aling dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi dan pepohonan hijau yang mengambarkan bahwa daerah tersebut masih perawan dari perambahan hutan. Jatuhannya terpecah menjadi dua bagian dengan debit air yang berbeda. Bagian sebelah kanan lebih besar serta deras dibandingkan air terjun bagian kiri. Ketika menuju ke Air Terjun Aling-Aling, kamu juga akan melewati dua air terjun kecil.

Destinasi wisata yang memiliki air jernih via instagram/@kerengan

2. Air Terjun Kembar Git-Git

Berada di sekitar kebun kopi dan cengkeh via instagram/@_ekasatya

Walaupun harus menempuh perjalanan dengan berjalan kaki, sepanjang medan kamu tak akan kecewa. Pemandangan yang memesona ketika melewati sawah, kebun kopi maupun cengkeh, akan membuatmu lupa jika napas telah mulai tersengal-sengal. Tempatnya yang juga masih asri membuat air terjun ini adalah jawaban tepat untuk menghilangkan penat.

Lingkungan sekitar yang masih asri via instagram/@_rickyjn

3. Desa Ambengan

Salah satu air terjun yang ada di wiayah Desa Wisata Ambengan via instagram/@hudzaifah_ihsan_

Ambengan adalah salah satu desa wisata yang terdapat di Pulau Bali. Tak hanya budaya tradisional masyarakat Pulau Dewata, tempat ini memiliki banyak potensi wisata yang menarik. Seperti air terjun, kolam alami, hamparan sawah terasiring, juga suasana yang masih asri. Dari Kota Singaraja, tempat ini hanya berjarak 5 kilometer saja.

Salah satu desa wisata yang ada di Pulau Bali via instagram/@tempatwisatadibali

4. Pulau Menjangan

Spot wall dive di sekitar Pulau Ambengan via instagram/@mandalaya

Pulau Menjangan yang merupakan bagian dari Taman Nasional Bali Barat dikenal dengan taman bawah lautnya yang memukau. Terumbu karang dapat ditemukan dengan mudah pada destinasi ini. Begitu pun dengan aktivitas wall diving. Daya tarik yang lain dari Pulau Menjangan adalah populasi rusa yang dilindungi dan hidup bebas pada tempat ini.

Gugusan terumbu karang yang ada di perairan Pulau Ambengan via instagram/@hadisasongko91

Dengan pengelolaan yang baik, potensi wisata juga menjadi semakin terbuka. Salah satunya karena memudahkan wisatawan untuk datang. Namun setiap hal yang dapat digunakan untuk kebaikan pasti juga memiliki aspek kekurangan. Begitu pula dengan bidang pariwisata. Semoga dengan semakin mudahnya akses menuju destinasi wisata tidak mengakibatkan eksploitasi alam dan penumpukan sampah ya?

Tags
Bali Buleleng Indonesia Wisata
Share