Keliling Banjarmasin Nggak Bikin Mati Gaya, Ini Destinasinya

Sebagai Ibukota Provinsi Kalimantan Selatan, Banjarmasin dikenal sebagai kota yang terbesar dan terpadat di Pulau Kalimantan. Kota yang memiliki julukan Kota Seribu Sungai ini juga memiliki beberapa destinasi wisata yang sangat beragam. Pasar Terapung di Sungai Martapura adalah salah satu contohnya. Selain itu, kamu bisa mencoba empat destinasi wisata Banjarmasin berikut ini.

Masjid Sultan Suriansyah

Masjid Sultan Suriansyah via instagram
Masjid Sultan Suriansyah via instagram/seputar_banjar_

Tempat ibadah ini dibangun pada tahun 1526, lokasinya berada di dekat Sungai Kuin, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Masjid ini memiliki corak perpaduan budaya khas tradisional Banjar dan Demak. Yakni, berupa rumah panggung berbahan dasar kayu ulin dan beratap tumpang tiga dengan hiasan mustaka pada bagian atapnya.

Museum Wasaka

Museum Wasaka via
Museum Wasaka via suharyantobjm.com

Wasaka merupakan singkatan dari Waja Sampai Ka Putting yang berarti perjuangan yang tiada henti hingga tetes darah penghabisan. Kalimat itu merupakan moto perjuangan rakyat Kalimantan Selatan. Di dalamnya terdapat lebih kurang 400 benda bersejarah yang dipamerkan. Hampir semuanya berkaitan dengan sejarah perjuangan rakyat dan pemuda Kalimantan Selatan.

Menara Pandang Sungai Martapura

Menara Pandang yang ada di Sungai Martapura via
Menara Pandang yang ada di Sungai Martapura via wisatabanjarmasin.com

Menara kembar ini diapit beberapa destinasi wisata menarik seperti Kampung Sasirangan, Rumah Ano, Taman Siring hingga Patung Bekantan Raksasa. Di lantai pertama Menara Pandang terdapat ruang semi outdoor yang sering digunakan sebagai tempat hangout anak muda.

Kampung Sasirangan

Kain Sasirangan Banjarmasin via
Kain Sasirangan Banjarmasin via umum.banjarmasinkota.go.id

Destinasi ini merupakan tempat pembuatan kain khas Banjarmasin yaitu kain sasirangan. Prosesnya masih menggunakan cara tradisional. Kamu dapat melihat langsung proses pembuatan kain sasirangan dari awal pembuatan hingga menjadi sebuah kain dengan berbagai macam motif dan warna.

Sebagai kota terbesar sekaligus terpadat di Kalimantan, Banjarmasin memiliki banyak destinasi wisata yang dapat dikunjungi. Empat di antaranya telah disebutkan di atas, ada yang pernah kamu datangi?

Tags
banjarmasin Indonesia Kalimantan Selatan Wisata
Share