Destinasi Wisata Air Halmahera, Ada yang Berasa di Raja Ampat

Halmahera adalah bagian terbesar dari Kepulauan Maluku. Dengan luas wilayah sebesar 17.780 kilometer persegi dan terbagi dalam 10 kabupaten, potensi wisata yang dimiliki pulau ini cukup banyak. Bagian pesisirnya memiliki garis pantai yang panjang dengan beragam karakter. Destinasi air terjun unik dan wisata bahari yang hampir menyerupai Raja Ampat dapat kamu temui di sini.

1. Doro Somola (Tanjung Bongo)

Pulau batuan karst yang berukuran kecil [image source]

Tempat ini terlihat seperti replika Raja Ampat dalam versi mini. Dari Tanjung Bongo terlihat pulau-pulau batuan karst yang berukuran tak terlalu besar tersebar di perairan. Masyarakat lokal menyebut pulau-pulau tersebut dengan sebutan Doro Somola. Jarak yang perlu ditempuh untuk sampai ke tempat ini pun tak terlalu jauh, yaitu sekitar berjarak 15 kilometer dari Bandara Gamarmalamo.

Pemandangan Doro Somola dari Tanjung Bongo [image source]

2. Air Terjun Kahatola

Panorama Air Terjun Kahatola [image source]
Kahatola berada di tebing tepi laut, sehingga airnya langsung jatuh ke perairan. Sumbernya berasal dari genangan di sebuah cekungan dan merupakan kumpulan embun dan air tanah dari hutan di sekitarnya. Biasanya tempat ini menjadi destinasi lanjutan setelah menyelam di perairan Pulau Loloda.

Air terjun yang langsung jatuh ke laut [image source]

3. Tanjung Bobo

Pemandangan bebas tanpa halangan apapumn [image source]
Daya pikat utama dari Tanjung Bobo, adalah menara suar yang dapat membuat pandanganmu bebas tanpa halangan. Dengan ketinggian menara sekitar 40 meter, lansekap Pulau Ternate, Tidore, Pulau Hiri, dan Pulau Mutiara dapat terlihat jelas. Begitu pun dengan perbukitan dan pepohonan hijau yang terhampar di bawah menara.

Menara suar yang berada di Tanjung Bobo [image source]

4. Teluk Weda

Terumbu karang di perairan Teluk Weda [image source]
Tempat ini adalah taman bermain terbaik bagi para penyelam. Kekayaan bawah lautnya masih alami dan memukau. Meskipun pada tahun 2015 lalu wilayah Maluku sempat dilanda badai el-nino, koral di Teluk Weda tampak baik-baik saja dan keindahannya tak berkurang sedikit pun. Untuk menuju tempat ini, perjalanan bisa dimulai dari Bandara Ternate kemudian menyeberang menggunakan perahu cepat.

Perairan Teluk Weda dari gambar udara [image source]
Kepulauan Maluku memang masih memiliki potensi wisata yang masih tersembunyi. Namun keindahannya tak perlu dipertanyakan lagi. Beragam destinasi wisata bahari dapat ditemukan di sini.

Tags
Halmahera Indonesia Maluku Wisata Alam
Share