Wisata Air di Padang, Basah-basahan Makin Menyenangkan

Sebagai ibukota Provinsi Sumatera Barat, Padang adalah kota terbesar di pesisir barat Pulau Sumatera. Bahkan, daerah yang lekat dengan kisah Malin Kundang dan Siti Nurbaya tersebut memiliki wilayah hingga lepas pantai. Kepulauan Mentawai adalah salah satu pulau yang menjadi daya tarik bagi wisatawan karena ombaknya yang bagus, serta didukung oleh tradisi sukunya yang. Namun selain itu, Padang masih memiliki destinasi lain yang juga menarik.

1. Pulau Pamutusan

Dermaga Pulau Pamutusan via instagram/@maikhalridwan

Pulau Pamutusan memiliki pasir putih yang lembut, warna lautnya bergradasi dari biru tua hingga hijau toska. Begitu juga dengan pemandangan bawah airnya, warna-warni ikan dan terumbu karang adalah keindahan tersendiri. Bahkan tempat ini juga cocok untuk berlibur bersama keluarga. Karena di sini kamu dapat menyewa banana boat yang dapat dinikmati bersama keluarga.

Air laut yang masih jernih via instagram/@devvinovitaa

2. Pulau Pagang

Destinasi paling tepat untuk snorkeling via instagram/@pulau_pagang

Destinasi ini sering menjadi lokasi berkemah dan snorkeling. Dari Padang, kamu bisa langsung menuju pelabuhan Bungus. Setelah sampai di Pelabuhan Bungus, kamu bisa menyewa kapal dengan kapasitas 6-10 orang untuk menyeberang. Pada tahun 2016 harga sewa kapal untuk menyeberang sekitar Rp200 ribu per kapal.

Beragam ikan yang dapat ditemukan di Pulau Pagang, via instagram/@fauziyolanda

3. Pulau Suwarnadwipa

Pesisir Pulau Emas via instagram/@refinaism

Pulau Suwarnadwipa ini mempunyai perairan yang sangat tenang dengan air yang sangat jernih. Terumbu karang di Pulau Suwarnadwipa masih terjaga dan bergitu alami, selain itu perairannya memang menjadi lokasi transplantasi terumbu karang dan perlindungan flora dan fauna dasar laut. Bintang laut, anemon, serta clown fish atau ikan nemo adalah biota laut yang akan banyak ditemui.

Pulau Sawarnadwipa saat menjelang senja via instagram/@raphaelkosasih

4. Kawasan Wisata Mandeh

Pemandangan dari Puncak Mandeh via instagram/@livia_fitriana98

Pulau Mandeh adalah julukan untuk beberapa pulau yang berada dalam kawasan di laut selatan Sumatera Barat. Terdapat sebuah lokasi di atas yang bernama Puncak Mandeh, dari situ pengunjung dapat melihat gugusan pulau yang tersebar di lepas pantainya. Pulau-pulau tersebut antara lain Pulau Pagang, Pulau Marak, serta Pulau Bintangor.

Kawasan Wisata Mandeh via instagram/@rickyrambe

Padang memang memiliki nilai pariwisata yang sangat beragam. Selain budaya dan tradisi warga Minang, kamu juga masih dapat bertemu dengan destinasi-destinasi menarik seperti di atas. Apa yang paling kamu tahu dari Kota Padang?

Tags
Indonesia kota padang Sumatera Barat Wisata
Share