Wisata Alam di Jonggol, dari Hutan hingga Penangkaran Rusa

Hangga Prayudi

Hangga Prayudi

On Indonesia

Walaupun hanya memiliki luas 97,2 kilometer persegi, Kecamatan Jonggol yang berada di Kabupaten Bogor tak bisa dianggap remeh. Untuk sekelas kecamatan, wilayah ini tergolong memiliki banyak destinasi wisata yang dapat menjadi tujuan plesirmu saat akhir pekan. Bahkan di sini terdapat berbagai macam wisata alam asyik untuk dijadikan tempat menghabiskan liburan.

Hutan Pinus Cipamingkis

Hutan pinus di sekitar curug [image source]
Hutan Pinus Cipamingkis berada dalam satu area dengan Curug Cipamingkis. Luas wilayahnya mencapai 16 hektar dan sekelilingnya ditumbuhi oleh hutan pinus yang rimbun. Hampir keseluruhan area ini ditumbuhi oleh tanaman tersebut. Terlebih saat sore hari dan kabut datang, suasana di tempat ini pasti akan membuatmu betah untuk berlama-lama.

Dapat menjadi tempat kamping [image source]

Curug Country

Curug Country [image source]
Nah di sekitar Jonggol juga ada lho air terjun yang mirip dengan Air Terjun Niagara. Bentuknya bertingkat-tingkat dan memiliki jatuhan air dengan debit yang tak terlalu deras. Namanya adalah Curug Country yang terlelak di Desa Tanjung Rasa, Tanjungsari. Saat terbaik untuk datang kemari adalah musim hujan. Karena saat musim kemarau debit airnya begitu sedikit.

Bentuk air terjun yang bertingkat [image source]

Rumah Pohon Ciherang

Rumah Pohon Ciherang [image source]
Rumah Pohon dan Air Terjun Ciherang merupakan tujuan wisata populer di Jonggol. Rumah pohon dan jembatan kayu ini terletak tak jauh dari pintu masuk dari Air Terjun Ciherang. Air terjun ini memiliki ketinggian 30 meter dan memiliki pemandangan yang sangat indah. Tak jauh dari rumah pohon, kamu juga dapat beristirahat dengan menu-menu yang disediakan di warung terdekat.

Terletak tak jauh dari Curug Ciherang [image source]

Penangkaran Rusa Cariu

Penangkaran Rusa Cariu [image source]
Penangkaran Rusa Cariu berada di daerah Bogor dan telah dibuka sejak tahun 2016 lalu. Masih tergolong baru. Kamu bisa membeli makanan untuk rusa dengan harga sepuluh ribu rupiah dengan satu ember penuh berisi ubi-ubian. Rusa-rusa ini dilepas di sebuah padang savana yang dikelilingi hutan.

Dapat berinteraksi langsung dengan rusa [image source]
Empat di atas adalah gambaran wisata di Kecamatan Jonggol. Banyak destinasi wisata lain yang masih dapat dijadikan sebagai opsi tujuan untuk menghabiskan waktu libur. Apalagi jika kamu berdomisili di Jakarta.