Ubud Akan Ditetapkan Jadi Destinasi Gastronomi Dunia

Ubud, Bali selama ini menjadi salah satu jujukan wisata dunia. Kota dengan beragam kecantikannya ini memiliki banyak spot wisata yang bikin turis dan wisatawan lokal nyaman. Nah, ternyata tidak hanya wisata dan akomodasi Ubud saja, kulinernya juga. Beragam makanannya juga dilirik menjadi rekomendasi destinasi gastronomi dunia. Mantap sekali bukan? Yuk kita ulas!

Ubud Dalam Kandidat Destinasi Gastronomi Dunia

Ubud yang penuh dengan pesona, via Instagram/aimeerickard
Ubud yang penuh dengan pesona, via Instagram/aimeerickard

Sekarang, Ubud di Gianyar sedang dalam proses dikaji menjadi destinasi gastronomi dunia oleh United Nations World Tourism Organization (UNWTO). Proses penilaian ini sendiri akan dilakukan selama satu tahun. Jika berhasil, nantinya Ubud akan menjadi destinasi gastrinomi pertama di dunia dan akan menjadi percontohan untuk negara lainnya di dunia.

Tahapan-tahapan Jadi Destinasi Gastronom Dunia

Beragam kuliner menggiurkan, via Instagram/sarengsarengubud
Beragam kuliner menggiurkan, via Instagram/sarengsarengubud

Bukan hal yang mudah untuk menjadikan Ubud sebagai destinasi gastronomi dunia. Berdasarkan Profesor Roberta Garibaldi, Lead Exeperts dari UNWTO, akan ada beberapa tahap yang dilakukan. Pertama dilakukan inventarisasi aset dan atraksi gastronomi yang nantinya memetakan kesiapan industri dan pelaku usaha, kemudian bakal dibukukan dalam laporan dan diajukan ke UNWTO.

Selanjutnya yang kedua ada penilaian oleh UNWTO dan dilakukan kick off proses verifikasi dan analisis dengan metode yang mendetail. Ketiga, perlu adanya rekomendasi yang diterapkan oleh stakeholders. Nah, jika berhasil meraihnya, tahun 2020 Ubud sudah menjadi destinasi gastronomi dunia.

Ragam Kuliner yang Ada di Ubud

Ayam betutu yang mantap, via Instagram/balinesefoodie
Ayam betutu yang mantap, via Instagram/balinesefoodie

Jika membahas kuliner yang berada di Ubud memang banyak sekali jenisnya. Ada kuliner tradisional sampai dengan modern. Untuk kuliner otentik di Ubud sebut saja Ayam Betutu Pak Sanur, Bebek Betutu Pak Ketut, Babi Guling Bu Oka, Lake Leke Ubud, Pasar Ubud, dan masih banyak lagi lokasi-lokasi lainnya yang bisa disambangi. Restoran berbasis keluarga, kafe, warung, semuanya ada.

List Kuliner Ditetapkan Kemenpar untuk Kuliner Nasional

Gado-gado, via Instagram/aniktriwina
Gado-gado, via Instagram/aniktriwina

Upaya membuat Ubud menjadi Destinasi Gastronomi Dunia ini semata-mata untuk membuat masyarakat internasional semakin kenal dengan kuliner dalam negeri. Sebelumnya juga Kementerian Pariwisata telah menetapkan lima kuliner nasional yang dianggal populer di Indonesia serta banyak digemari. Sebut saja rendang, soto, sate, gado-gado,dan nasi goreng.

Mari kita turut berdoa supaya Ubud benar-benar menjadi rujukan gastronomi dunia. Jika sudah begitu bisa merembet ke banyak kuliner lain yang enak juga.

Tags
Bali destinasi gastronomi dunia Gianyar Indonesia Ubud
Share