Lima Destinasi Wisata Indonesia Cocok untuk Spot Sandboarding

Sandboarding merupakan sebuah olahraga ekstrem di mana para pemainnya meluncur dari pasir dengan menggunakan papan. Memang menantang, namun sejauh ini sandboarding masih sangat aman untuk dicoba. Meski demikian, ada baiknya kamu terlebih dahulu menggunakan pelindung lutut dan kaki serta tidak lupa menggunakan helm. Ada beberapa lokasi sandboarding di Indonesia yang bisa digunakan untuk permainan yang cukup menantang ini. Di mana saja?

1. Gumuk Pasir, Parangkusumo, Jogja

Asik banget ya, sandboarding di Parangkusumo, Via Instagram aldaadiatma07

Lokasi yang paling populer untuk melakukan sandboarding adalah di Gurun Saharanya’ Indonesia yakni Gumuk Pasir, Parangkusumo yang terdapat di Yogyakarta. Lokasi yang hits ini berlokasi di jalan Pantai Parangkusumo, Parangtritis, Kecamatan Kretek Bantul. Lokasi ini sangat asyik untuk berseluncur karena gundukannya memiliki ketinggian sekitar 5-15 meter. Bisa bikin adrenalin tertantang ya?

Sandboarding dengan alat seadanya, Via Instagram bagas_surf

Jika tidak membawa peralatan, pengelola Gumuk Parangkusumo sudah menyediakannya untuk disewa. Ada pemandunya juga jika kamu belum terlalu mahir sandboarding. Bagi yang belum terbiasa tentu akan sedikit kesulitan. Tapi jika sudah terbiasa, akan sangat menikmatinya.

2. Pasir Berbisik, Bromo

Lokasi yang asyik untuk sandboarding, Via Instagram frilyandani

Menikmati indahnya sunrise atau naik kuda di Gunung Bromo sudah sangat mainsteram. Kamu perlu mencoba aktivitas yang tak biasa di Bromo, tepatnya saat berada di Bukit Pasir Berbisik. Kamu bisa melakukan sandboarding yang asyik, baik sendiri maupun bersama teman-teman. Karena medannya tidak terlalu sulit, para pemula mungkin juga akan mudah untuk melakukannya.

3. Pantai Pasir Oetune, Nusa Tenggara Timur

Bagaimana, nggak pingin sandboarding di sini? Via Instagram warawiriindonesia

Berlokasi di Oebelo, Amanuban Selatan, Kabupaten Timot Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur memiliki pasir pantai lembut yang bisa digunakan untuk sandboarding. Lokasi ini sebelumnya hits di kalangan traveler karena memiliki lokasi yang asyik.

Cantik sekaligus menantang untuk sandboarding, Via Instagram exploretts

Nah, sekarang tak sedikit wisatawan yang datang ke sini untuk berlatih sandboarding. Tak membawa papan seluncurnya? Tenang saja, kamu bisa membeli versi tradisionalnya yang terbuat dari pohon lontar yang dijual oleh warga sekitar. Jangan takut mencoba ya.

4. Gumuk Pasir Toraja, Sulawesi Selatan

Gumuk pasir unik di Toraja, Via Instagram makassar.update

Selain Jogja, Indonesia juga memiliki gumuk pasir lainnya yang cocok jadi lokasi sandboarding, yakni Gumuk Pasir Toraja di Sulawesi Selatan. Lokasi tepatnya berada di Sumalu, Kecamatan Buntao, Rantebua, Toraja Utara. Bukan putih, di sini pasirnya berwarna abu-abu yang seakan dipagari dengan area hijau. Penduduk sekitar menyebut gumuk pasir ini sebagai Bukit Pa’buyan. Lokasinya asyik banget buat foto-foto dan menantang untuk sandboarding.

5. Bukit Pasir, Busung, Bintan

Pesona Bukit Pasir yang hakiki, Via Instagram kawanpiknik_id

Yang terakhir bisa buat kamu jadikan spot sandboarding adalah Bukit Pasir Bekas Tambang di Bintan. Meskipun bekas, tapi lokasinya begitu instagenic. Karena banyak diupload di media sosial, lokasi ini jadi serbuan para wisatawan, terutama muda-mudi yang ingin mencari hiburan. Di sini bisa banget untuk spot sandboarding tipis-tipis.

Tags
Indonesia Sandboarding wisata sandboarding di Indonesia
Share