4 Desa Wisata di Pandeglang, Liburan Sambil Tambah Ilmu

Banten ternyata tak hanya terkenal dengan Kampung Baduy, karena ada tempat menarik lain yang bisa dikunjungi. Seperti beberapa desa wisata di kawasan Pandeglang yang mempunyai beragam keunikan. Kalau kalian penasaran dengan tempat-tempatnya, bisa simak ulasan di bawah ini. 

1. Desa Wisata Banyubiru 

desa wisata di pandeglang
Desa Wisata Banyubiru Via instagram/banyubiru_banten

Desa pertama yang bisa kalian kunjungi adalah Banyubiru. Desa yang viral sejak tahun 2014 ini mempunyai kelebihan pada panorama alamnya. Banyak tanaman padi, air terjun hingga hutan yang masih asri. Di sana, kalian tidak hanya bisa melihat, tapi juga dapat berinteraksi langsung dengan alam. Seperti menyeberangi sungai dengan sampan, menanam padi sampai membajak sawah.

Bagi kalian yang tertarik berkunjung ke sana, bisa langsung datang ke Desa Banyubiru, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang. Tak perlu khawatir soal tiket masuk, karena pengunjung hanya dikenai biaya sebesar Rp10 ribu per orang. Kalau ingin menginap dan menikmati atraksi yang ada di sana, kalian perlu membayar Rp100 ribu. 

2. Kampung Wisata Cikadu 

desa wisata di pandeglang
Kampung Wisata Cikadu via instagram/desa_wisata_tanjungjaya

Selanjutnya ada Kampung Wisata Cikadu yang juga menarik perhatian. Kampung yang berlokasi di Desa Tanjungjaya, Kecamatan Panimbang, Pandeglang, Banten ini mempunyai banyak fasilitas yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Seperti taman bermain, restoran apung, lapangan sepakbola dan juga area pejalan kaki. 

Selain itu, ada juga Pasar Berbatik Cikadu yang juga menyediakan beragam fasilitas. Adalah workshop melukis, kesenian tradisional dan karaoke yang akan berbeda tema setiap minggunya. Uniknya lagi, ketika bertransaksi para pengunjung harus menggunakan koin dari kayu yang dapat ditukarkan di stand pasar. 

Kampung Domba Cinyurup 

Kampung Domba Cinyurup via twitter/parantifm

Di Desa Juhut, Kecamatan Karangtanjung, Pandeglang ada Kampung Domba Cinyurup yang banyak dicari oleh wisatawan. Dulu, kampung ini hanya sebatas peternakan domba. Tapi kini, masyarakat setempat membangun aneka kafe kekinian yang akhirnya kerap dijadikan tempat berkumpulnya anak muda. 

Kampung ini juga didukung dengan pemandangan yang menarik. Berupa Gunung Karang dan juga panorama Pandeglang dari ketinggian. Oleh karenanya, kampung ini cocok menjadi tujuan wisatawan yang ingin menghindari hiruk pikuk kota. 

Kampung Nelayan Cipanon 

Kampung Nelayan Cipanon via facebook/Mampir Banten

Terakhir, ada Kampung Nelayan Cipanon yang berlokasi di Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten. Di Kampung Nelayan Cipanon ini, daya tarik utamanya adalah dapat menyaksikan dan mengikuti aktivitas keseharian nelayan setempat. Bagi penggemar fotografi, ada banyak kesempatan yang bisa diabadikan seperti saat nelayan merapikan jala, menyiapkan alat tangkap tradisional seperti sero, bangan dan keramba, serta saat mereka menyiapkan kapal motor atau sampan. 

Kampung Nelayan Cipanon juga menyediakan berbagai aktivitas menarik yang dikemas dalam wisata outbound. Diawali dengan melakukan penanaman terumbu karang baru di Pulau Liwugan, yang berjarak 35 menit perjalanan menggunakan speed boat. Lalu kalian akan diajak melakukan fun games, memancing dan menyelam.

Itulah deretan desa wisata di Pandeglang yang dapat Teman Traveler kunjungi. Ada keunikan masing-masing yang bisa kalian pilih sesuai selera. Mulai dari berinteraksi langsung dengan alam sampai ikut melaut bersama nelayan. Jadi, kalian ingin berlibur ke mana setelah ini? 

Tags
Banten desa wisata di pandeglang Indonesia Kabupaten Pandeglang Wisata
Share