Desa Wisata Banjarejo Grobogan, dari Rumah Fosil Hingga Spot Jerami Instagenic

Advertisement

Secara sekilas, Desa Wisata Banjarejo Grobogan, takubah seperti desa-desa pada umumnya. Hamparan sawah di sepanjang kiri dan kanan, jadi pemandangan yang khas dan cenderung biasa saja. Tetapi, beberapa waktu lalu, namanya ramai dibincangkan, khususnya di kalangan para peneliti. Pasalnya, di sini terdapat banyak temuan berupa tulang-tulang hewan yang diperkirakan datang dari jutaan tahun lalu. Luar biasa! Seperti apa informasi lengkapnya? Simak yuk!

1. Banyak Ditemukan Fosil Hewan Jutaan Tahun Lalu

Penemuan Fosil dan benda Purbakala di Desa Banjarejo via Instagram/ ganjar_pranowo

Masyarakat Dusun Medang, Desa Banjarejo miliki kebiasaan “menambang” emas yang terpendam di area persawahan. Kebiasaan tersebut, seperti berada dalam satu jalur cerita dengan penemuan fosil di bawah tanah Banjarejo. Ya. Beberapa tahun belakangan, ditemukan juga kurang lebih sebanyak 850 patahan tulang purba atau fosil dari 15 jenis hewan-hewan purbakala di desa ini. Fosil-fosil tersebut merupakan tulang dari gajah, kudanil, kerbau, siput, kerang, badak, serigala, rusa dan kura-kura yang diperkirakan hidup jutaan tahun lalu.

2. Banjarejo Wilayah Rawa di Zaman Purba

Rumah Fosil di Desa Wisata Banjarejo via Instagram/ hasbunallohalamin

Keberadaan Desa Wisata Banjarejo Grobogan dengan ratusan hasil penemuan di zaman purba tersebut, menarik banyak peneliti untuk datang. Termasuk Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran dan Balai Arkeologi Jogjakarta. Menurut BPSMP, Banjarejo di zaman purba, sekitar 2 juta tahun lalu merupakan kawasan lautan dangkal.

Ganjar Pranowo Berkunjung ke Rumah Fosil via Instagram/ ganjar_pranowo

Sekitar 1,6 juta tahun lalu, kawasan ini berubah menjadi laguna. Masih menurut BPSMP, di kawasan ini terdapat pesisir pantai, muara sungai, rawa, hutan hingga padang pasir. Baru pada 1 juta tahun lalu, Banjarejo berubah menjadi daratan yang ditinggali hewan-hewan besar seperti gajah stegodon.

3. Mengunjungi Rumah Fosil di Banjarejo

Ganjar Pranowo Mengunjungi Rumah Fosil via Instagram/ ganjar_pranowo

Hasil penemuan fosil di Desa Banjarejo, disimpan di museum mini bernama Rumah Fosil. Rumah Fosil ini merupakan rumah seorang Achmad Taufik, yang dikenal sebagai Kepala Desa Banjarejo. Di rumah beliau Teman Traveler bisa melihat ratusan temuan fosil hewan-hewan purba. Seperti kepala kerbau, gading gajah, kerang, tengkorak buaya yang semua dalam ukuran raksasa, serta beberapa benda peninggalan zaman megalitikum dan Kerajaan Medang Kamolan. Total terdapat sekitar 500 koleksi fosil yang tersimpan di Rumah Fosil Desa Wisata Banjarejo Grobogan ini.

4. Spot Foto di Taman Ganesha Tidur

Taman Ganesha Tidur Ikon Desa Wisata Banjarejo via Instagram/ desawisatabanjarejo

Desa Wisata Banjarejo Grobogan diresmikan oleh Bupati Grobogan Sri Sumarni pada 27 Oktober 2016. Untuk mendukung hal tersebut, pihak pemerintah setempat mengoptimalkan destinasi wisata di daerah ini. Salah satunya membangun Taman Ganesha Tidur. Ukuran patung Ganesha yang sengaja dibuat tidur tersebut cukup besar, yakni 11 x 4,5 meter. Hadirnya patung ikonik ini ampuh menarik perhatian masyarakat.

Patung Jerami sebagai Perayaan Ulang Tahun Desa Banjarejo ke Dua via Instagram/ dhoni_triat

Selain itu, untuk memperingati dua tahun usia Desa Wisata Banjarejo Grobogan, beberapa waktu lalu, desa ini membuka Festival Jerami. Pada festival ini, beragam patung hewan berukuran besar yang terbuat dari jerami dipamerkan. Banyak wisatawan berkunjung untuk foto-foto. Seru dan unik!

5. Rute Menuju Desa Wisata Banjarejo

Liburan Nuansa Baru ke Banjarejo via Instagram/ istiqomah2408

Teman Traveler yang tertarik dengan fosil-fosil purba di Desa Wisata Banjarejo Grobogan bisa datang ke desa ini. Dari arah Kota Purwodadi, arahkan kendaraan ke Jln Raya Purwodadi – Blora. Setelahnya, lanjutkan perjalanan ke Wirosari – Kuwu menuju Kradenan. Waktu tempuh yang dibutuhkan kurang lebih sekitar dua jam.

Berkunjung ke Desa Wisata Banjarejo Grobogan, pengunjung akan dapatkan pengalaman lain yang berbeda dari liburan biasanya. Teman Traveler akan dibawa ke zaman purba; seolah bertemu dengan hewan-hewan dari jutaan tahun lalu. Seru ya? Segera agendakan kalau begitu! Sudah siap jadi peneliti?

Advertisement
Tags
desa wisata banjarejo grobogan Grobogan Indonesia Jawa Tengah Wisata Wisata Grobogan
Share