Mengunjungi Desa Tete Batu, Rasakan Serunya Sehari Jadi Suku Sasak

Lombok tak melulu soal Pantai Senggigi dan Gili Trawangan. Bagi Teman Traveler yang ingin mencari pengalaman baru nan unik di Pulau Seribu Masjid, bisa mampir ke Desa Tete Batu di kaki Gunung Rinjani.

Di sini Teman Traveler bisa merasakan sejenak serunya menjadi bagian dari masyarakat Suku Sasak. Kalian bakal dilibatkan dalam beragam aktivitas seru di Desa Tete Batu. Penasaran? Yuk, simak pengalaman saya berikut ini.

Perjalanan Jauh dari Mataram

Merasakan pengalaman menjadi masyarakat Sasak (c) Rosita/Travelingyuk

Desa Tete Batu mungkin terdengar asing di telinga sebagian Teman Traveler. Tapi jangan salah, tempat ini pantang kalian lewatkan jika sedang berada di Lombok. Di sini kalian bakal merasakan asyiknya kembali ke alam pedesaan di Kecamatan Sikur, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Teman Traveler harus menempuh perjalanan sepanjang 44 km dari Mataram untuk menuju tempat ini. Kalian bakal membutuhkan waktu kurang lebih dua jam sebelum sampai di desa yang berada di kaki Rinjani ini. Agar lebih leluasa, sebaiknya kalian menumpang kendaraan pribadi atau menyewa dari Mataram.

Sejenak Menjadi Masyarakat Sasak

Aktivitas menanam padi (c) Rosita/Travelingyuk

Pengalaman unik akan Teman Traveler rasakan selama mengunjungi Desa Teta Batu. Di sini kalian bisa mencoba serunya menjadi masyarakat Sasak, suku asli Lombok. Kalian bakal dilibatkan dalam kegiatan sehari-hari yang dilakukan warga sekitar. Benar-benar unik dan menjadi nilai plus destinasi bernuansa alam ini.

Teman Traveler akan diajak berpartisipasi dalam beragam festival lokal, hingga sederet pekerjaan sehari-hari warga. Salah satu yang cukup menarik adalah ngerampek padi alias merontokkan padi dari batangnya. Selain itu, kalian juga bakal diajak merasakan segarnya air terjun, menyusuri area persawahan, hingga menjajal aneka permainan tradisional.

Tak perlu sungkan Teman Traveler, penduduk Desa Tete Batu akan menyambut kalian dengan hangat. Bahkan jika kalian butuh penginapan, mereka akan dengan senang hati menawarkan rumah untuk dijadikan homestay.

Alam Pedesaan Asri

Hamparan persawahan (c) Rosita/Travelingyuk

Kabupaten Lombok Timur memang dikenal sebagai gudangnya desa wisata. Selama berada di Desa Tete Batu, Teman Traveler akan merasakan asyiknya kembali ke alam pedesaan nan asri. Hawa sekitar terasa begitu sejuk, lengkap dengan suguhan pemandangan hamparan bukit dan persawahan hijau. Kala cuaca cerah, gagahnya Gunung Rinjani bakal nampak jelas dari sekitar desa.

Tete Batu memang mengedepankan wisata alam sebagai ‘jualan’ utama. Pesonanya bahkan mungkin tak kalah dengan kawasan Ubud, Bali. Cobalah rasakan asyiknya menyusuri pematang sawah, tentu bakal menciptakan pengalaman liburan unik dan tak terlupakan. Suasana syahdu di sekitar desa juga cocok bagi Teman Traveler yang tengah mencari ketenangan, jauh dari keramaian kota.

Pemandangan asri sekitar desa (c) Rosita/Travelingyuk

Itulah sekilas ulasan megenai Desa Tete Batu di kaki Gunung Rinjani. Sangat sayang dilewatkan jika Teman Traveler sedang habiskan liburan dengan keliling wisata Lombok. Yuk, segera wujudkan perjalanan ke Pulau Seribu Masjid dan jangan lupa kunjungi destinasi indah ini.

Tags
kontributor Lombok Lombok Timur Travelingyuk wisata lombok Wisata Lombok Timur
Share