4 Desa Tersembunyi di Asia, Semuanya Menakjubkan

Selama ini kita tahu kalau desa terdiri dari beberapa rumah penduduk yang lokasinya jauh dari pusat kota. Tapi, lain halnya dengan desa-desa yang bakal dijelaskan oleh Travelingyuk. Ini karena desa-desa tersebut lokasinya tak hanya jauh, namun juga tersembunyi. Kira-kira desa mana saja ya yang dimaksud? Yuk kita lihat deretan desa tersembunyi di Asia berikut ini. 

Zhongdong, Desa di Dalam Gua 

desa tersembunyi di asia
Zhongdong via instagram/bdentonphoto

Di urutan pertama ada Desa Zhongdong yang berada di China. Desa satu ini ternyata berada di dalam sebuah gua yang letaknya di gunung batu. Ada sekitar 100 orang yang hidup di dalam sana dan uniknya semua fasilitasnya cukup lengkap. Tidak hanya tempat tinggal, tapi dilengkapi juga dengan sebuah sekolah dan lapangan basket. 

Sebenarnya warga Zhongdong hidup di dalam gua karena tak punya banyak pilihan. Dengan ketinggian 1800 meter di atas permukaan laut, gua tersebut hanya dapat diakses dengan mendaki selama 1 jam. Namun, gua tersebut bisa menjadi pemukiman yang cukup nyaman dan aman untuk menghadapi cuaca buruk. 

Aogashima, Desa di Kawah Gunung Berapi 

desa tersembunyi di asia
Aogashima via twitter/novals_siska

Selanjutnya ada Aogashima yang berada di Negeri Sakura. Disebut tersembunyi karena desa tersebut berada di kawah gunung berapi. Uniknya, meskipun gunung sempat meletus hebat hingga memakan korban jiwa, para penduduk seakan tidak takut untuk kembali lagi. Masyarakat kembali ke kawasan tersebut 50 tahun setelah gunung meletus. Mereka menganggap kalau gunung ini akan tetap kondusif selamanya. 

Khanaraq, Desa di Lereng Bukit 

Khanaraq via instagram/shamsnoy

Salah satu negara yang berada di wilayah Asia Tengah ini memiliki sejarah yang panjang dalam membangun peradaban mereka. Di Iran sendiri ada sebuah desa yang letaknya tersembunyi di balik lereng bukit, umurnya sudah ribuan tahun dan ditinggalkan.

Adalah Kharanaq, desa yang memiliki struktur yang unik karena dibangun di lereng sebuah bukit. Bertumpuk dan berlorong, desa ini telah ada sejak 4.000 tahun lalu. Namun, saat ini desa ini sudah dihancurkan dan terbengkalai, bangunan yang ada sudah mulai lapuk dan banyak yang roboh.

Phugtal Monastery, Desa yang Berada di Tebing 

Phugtal Monastery via instagram/iampiyushraj

Desa Phuktal atau Phugtal Monastery adalah satu biara atau desa paling terpencil di India yang terletak tersembunyi di balik tebing batu. Desa ini dibangun dari lumpur dan kayu yang kalau dilihat, bentuknya seperti sarang lebah raksasa. Meski terletak di dinding tebing, banyak orang yang tertarik untuk berkunjung ke sana. Ini dikarenakan banyak aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung. 

Mulai dari melihat dokter tradisional Tibet yang meracik obat-obatan hingga bermalam sambil menyaksikan kegiatan masyarakat sekitar. Menariknya, pengunjung juga bisa mengikuti ritual doa di sini. Itu juga termasuk berbincang dengan 14 biksu penghuni biara yang siap memberikan wejangan bila diminta. 

Jadi, itulah desa tersembunyi yang berada di Asia. Semuanya memiliki keunikan, terutama lokasinya yang sangat tidak biasa. Apa Teman Traveler tertarik untuk mengunjunginya? 

Tags
Desa Tersembunyi di Asia Luar negeri Wisata
Share