Desa Panglipuran Bali, Indah dan Terbersih di Dunia

Dikenal sebagai primadona wisata Indonesia, Bali punya segudang destinasi menarik yang wajib dikunjungi. Salah satunya adalah Desa Panglipuran, yang belakangan dinobatkan sebagai salah satu desa terbersih di dunia. Penasaran? Yuk, simak pengalaman saya selama jalan-jalan di sana Teman Traveler.

Desa Panglipuran Berusia Ratusan Tahun

Desa berusia ratusan tahun (c) Rosita/Travelingyuk

Beberapa di antara Teman Traveler mungkin sudah tak asing dengan Desa Panglipuran. Namun tahukah kalian bahwa kata ‘Panglipuran’ sendiri berarti tanah leluhur, dibuat untuk menghibur dan budaya para pendahulu.

Desa adat ini sudah ada sejak ratusan tahun silam, tepatnya pada masa kejayaan Kerajaan Bangli. Namun uniknya, para penduduk di sini masih tetap teguh mempertahankan adat istiadat yang sudah berjalan selama berabad-abad lamanya.

Segala pengembangan fisik dan budaya di sini masih mengacu pada konsep tanah leluhur. Bahkan untuk beberapa upacara adat, warganya masih harus memohon restu ke tanah leluhur. Namun secara umum, warga Desa Penglipuran mengusung konsep rukun, damai, saling menghormati, dan toleransi dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Di Mana Sih Letak Desa Ini?

Teman Traveler pernah mampir ke sini? (c) Rosita/Travelingyuk

Berwisata ke pedesaan sangat cocok bagi Teman Traveler yang sudah penat menjalani aktivitas di perkotaan. Pemandangan alam nan indah dan suasana damai khas desa memang pas bagi kalian yang ingin mencari ketenangan. Di Desa Panglipuran, kalian juga bisa melihat warisan arsitektur Bali tempo dulu yang masih terjaga hingga sekarang.

Lantas di mana persisnya letak Desa Panglipuran? Kawasan tenang berhawa sejuk ini berada di daerah Bangli. Dari Denpasar, jaraknya sekitar 45 kilometer. Tapi tenang saja, akses jalan menuju sini sudah sangat mendukung. Tak heran jika desa seluas 112 hektar ini tak pernah sepi dari kunjungan wisatawa, lokal maupun mancanegara.

Salah Satu Desa Terbersih Dunia

Arsitektur Bali tempo dulu (c) Rosita/Travelingyuk

Pada 2016 silam, Panglipuran dinobatkan sebagai salah satu dari tiga desa terbersih dunia. Desa di Bali ini hanya kalah dari Desa Giethoorn di Belanda dan Desa Mawlynnong di India.

Predikat tersebut memang layak disandang Panglipuran. Jalan di sini sangat bersih, terdapat beberapa area taman, dan tersedia tempat sampah setiap jarak 30 meter. Wisatawan bahkan diperbolehkan masuk ke pekarangan rumah warga untuk lebih mengagumi keindahan di sekitar sini.

Teman Traveler takkan melihat sampah berserakan atau jalanan macet di sini. Suasan di Panglipuran benar-benar damai. Hawanya juga sangat sejuk. Bagi para pemburu foto, ada banyak spot unik yang bisa diabadikan. Hasil gambarnya dijamin keren dan mantap.

Salah satu desa terbersih dunia (c) Rosita/Travelingyuk

Itulah sekilas ulasan mengenai Desa Panglipuran, salah satu desa terbersih dunia. Yuk Teman Traveler, segera wujudkan rencana jalan-jalan ke Bali dan jangan lupa mampir ke kawasan indah ini. Selamat liburan!

Tags
Bali kontributor Travelingyuk wisata bali
Share