Cicipi Dekopon di Desa Alamendah, Si Manis Jepang yang Bikin Jantungan!

Kabupaten Bandung memiliki beragam potensi wisata luar biasa. Mulai dari destinasi bernuansa alam, hingga wahana buatan. Bagi Teman Traveler yang lebih menyukai petualangan dengan nuansa alam bebas, bisa coba mampir ke Desa Alamendah.

Alamendah merupakan desa wisata di Kecamatan Rancabali. Kawasan ini dikenal sebagai tempat tumbuhnya jeruk Jepang yang konon memiliki sensasi rasa unik.

Sebelum menuju Alamendah, ada baiknya Teman Traveler mendapat sedikit gambaran mengenai wisata Bandung satu ini. Desa ini berada di dataran tinggi Ciwidey, dengan luas wilayah mencapai 100 hektar dan memiliki suhu rata-rata harian 19-20 derajat celcius. Cukup sejuk, jadi kalian jangan lupa kenakan jaket ketika berkunjung ke sini.

Desa Wisata Berhawa Sejuk

Jeruk Dekopon (c) Helga Christina/Travelingyuk

Alamendah memiliki potensi alam, pertanian dan perkebunan yang kini menjadi daya tarik wisata. Beberapa keseruan yang bisa Teman Traveler temukan di sana antara lain, agrowisata pertanian dan perkebunan, cloning sapi, pengolahan suvenir dan makanan, pemandian air panas, Kawah Putih, Ranca Upas dan Pusat Rehabilitasi Owa.

Fasilitas Lengkap

Salah satu lahan milik penduduk sekitar (c) Helga Christina/Travelingyuk

Kunjungan Teman Traveler ke Alamendah dijamin bakal makin menyenangkan dengan dukungan amenitas seperti tempat ibadah (masjid dan mushola), ATM, puskesmas, SPBU, restoran, dan akomodasi. Kalian bisa pilih bermalam di homestay, hotel, penginapan, villa, atau camping ground.

Kendaraan Umum Maupun Pribadi Oke

Sistem penanaman unik (c) Helga Christina/Travelingyuk

Jaringan komunikasi di Alamendah juga sudah cukup mumpuni. Desa wisata ini bisa Teman Traveler temukan di sekitar jalan provinsi. Jaraknya sekitar 47 km dari Bandung dan bisa ditempuh dalam kurang lebih dua jam menggunakan sepeda motor. Kalian juga bisa lho naik kendaran umum untuk mengunjungi desa ini.

Seperti disebutkan sebelumnya, Alamendah memiliki potensi agrowisata beragam. Mulai dari perkebunan strawberry, jeruk dekopon, taman hortikultura, hingga peternakan sapi penghasil susu.

Uniknya Jeruk Dekopon

Jeruk Dekopon (c) Helga Christina/Travelingyuk

Nah, dekopon sendiri merupakan jeruk yang bibitnya berasal dari Jepang. Suhu dan tanah di Alamendah rupanya mirip dengan Negeri Matahari Terbit, hingga jeruk tersebut bisa tumbuh subur di sini.

Jeruk Dekopon rasanya asam-manis, namun bisa bikin ketagihan! Ada sensasi segar di mulut yang bikin Teman Traveler lupa rasa asamnya. Beneran, kalian bakal nagih makan jeruk dekopon ini.

Pemandangan hijau yang menawan (c) Helga Christina/Travelingyuk

Teman Traveler bisa banget jika ingin membeli Jeruk Dekopon sebagai oleh-oleh. Namun jangan sakit jantung setelah tahu harganya ya. Sekilo Jeruk Dekopon biasanya dijual seharga Rp60.000. Yah, kalo kata orang ada harga ada rupa.

Mahalnya harga Jeruk Dekopon bukan tanpa alasan Teman Traveler. Selain bibitnya langka, buahnya juga gede-gede, dan rasanya pun segar. Apalagi kalian tak perlu jauh-jauh ke Jepang untuk mencobanya. Cukup datang ke Desa Wisata Alamendah di Bandung. Bagaimana, ada yang tak sabar ingin berkunjung ke sini?

Tags
Bandung kontributor Travelingyuk wisata bandung
Share