5 Desa Adat Tertua di Indonesia Ini Jadi Incaran Turis dan Ilmuan Asing

Indonesia terkenal dengan keanekaragamannya yang indah dan eksotis. Salah satunya adalah keberadaan desa adat tertua yang menjadi subjek penelitian para ilmuan dalam maupun luar negeri. Berikut adalah daftar 5 desa yang masuk di dalamnya.

1. Kampung Bena, Flores

Image may contain: sky, mountain, outdoor and nature
Kampung Bena via Instagram/pesonaid_travel

Dikenal sebagai salah satu kawasan megalitikum tertua di Indonesia, Kampung Bena diperkirakan sudah ada sejak 1.200 tahun yang lalu. Hingga kini, mereka masih memegang teguh adat istiadat yang diwariskan oleh nenek moyang.

Bentuk desa ini menyerupai perahu karena menurut kepercayaan megalitik, model seperti ini memiliki kaitan erat dengan kendaraan arwah menuju nirwana.

2. Desa Trunyan, Bali

Image may contain: plant and outdoor
Tengkorak manusia di Desa Trunyan via Instagram/kaleynelson

Meskipun sejarah asal muasalnya masih jadi misteri, namun dipercaya desa ini sudah berdiri sejak 500 tahun yang lalu. Konon, kepopulerannya berawal dari bau wangi yang dikeluarkan pohon Taru Menyan atau Trunyan. Akibatnya, kawasan ini sering diketahui musuh dan gampang jadi sasaran serangan.

Untuk menghindarinya, ditaruhlah mayat-mayat di bawah pohon agar aroma wanginya ‘tertahan’ dan tidak sampai keluar Bali. Cara ini berhasil, dan saat ini tradisi ini masih dilestarikan turun temurun oleh warga Desa Trunyan.

3. Desa Adat Baduy

Image may contain: sky, mountain, outdoor and nature
Desa Adat Baduy via Instagram/adamdjamal

Ada beberapa teori yang dikemukakan terkait sejarah desa yang satu ini. Ada yang berpendapat bahwa komunitas masyarakat ini terbentuk pasca runtuhnya Kerajaan Sunda pada abad ke-17. Ada pula yang mengatakan bahwa desa ini berpenduduk adalah keturunan para tentara kerajaan yang ditugaskan menjaga dan mengelola kawasan Gunung Kendeng.

Menurut orang Kanekes, sebutan lain dari suku Baduy, mereka adalah keturunan dari Batara Cikal, salah satu dari tujuh dewa yang diutus ke Bumi. Tugas mereka adalah bertapa dan merawat alam demi terjaganya harmoni dunia.

4. Desa Kete Kesu, Toraja

Image may contain: sky and outdoor
Desa Ke’te Kesu’ Tana Toraja via Instagram/pashatama

Keberadaan desa yang unik ini sudah bisa dilacak sejak 700 tahun yang lalu, dibuktikan dari usia makam kuno yang berada tak jauh dari pemukiman adat. Ke’te Kesu’ Tana Toraja terkenal karena rumah adat Tongkonannya yang cantik.

Uniknya di masing-masing bangunan, tergantung tanduk-tanduk kerbau yang jumlahnya ditentukan dari status sosial pemilik rumah. Semakin banyak, semakin tinggi pula kedudukannya.

5. Desa Adat Praijing

Image may contain: sky, outdoor and nature
Desa Adat Praijing via Instagram/adamdjamal

Salah satu pesona Sumba ini lahir dari pertempuran antar suku. Berbagai macam bentuk pertahanan dibangun supaya luput dari serangan musuh. Salah satu peninggalannya yang jadi daya tarik adalah tonggak kayu di tengah kampung dengan bebatuan tertata melingkar.

Selain itu, rumah adatnya yang terbuat dari kayu, bambu, dan atapnya yang menjulang seperti menara menjadi studi riset banyak ilmuan dari berbagai macam negara.

Itulah tadi daftar 5 desa adat tertua di Indonesia yang berhasil dihimpun Travelingyuk. Tertarik untuk berwisata ke sana?

Tags
desa adat tertua Indonesia Wisata
Share