Enaknya Bakmi Depot Setiawan, Racikan ‘Koki Restoran’ yang Masak di Pinggir Jalan

Isti

Isti

On Indonesia
Kuliner di Depot Setiawan Kuliner di Depot Setiawan

Pesona Bantul dari ketinggian memang menakjubkan. Tak heran jika banyak objek wisata yang mendadak viral dengan gardu pandangnya. Nah, jika Teman Traveler berniat liburan ke sini, mampir juga ke Depot Setiawan. Tempat makan spesial bakmi yang diracik oleh seorang ‘koki restoran’ di pinggir jalan. Penasaran kan?

Koki Restoran di Depot Pinggir Jalan

Koki Restoran di Pinggir Jalan
Koki Restoran di Pinggir Jalan via instagram/@hijrah25

Depot Setiawan yang berada di Jalan Wonosari Km 7 Mantup, Baturetno, Banguntapan, Bantul sangatlah menarik perhatian. Salah satu yang membuat penasaran para pecinta kuliner adalah ‘koki restorannya’. Sebenarnya, pria yang berjubah putih yang terlihat formal di depot ini bukanlah koki restoran melainkan pemilik Depot Setiawan. Namanya Ruwanto yang sebelumnya pernah bekerja sebagai koki restoran di beberapa kota besar.

Baju Koki yang Jadi Trademark

Aneka Menu di Depot Setiawan
Aneka Menu di Depot Setiawan via instagram/@pixelert

Usai tinggalkan pekerjaannya, tahun 1995 Ruwanto mulai mengepakkan sayap dan mendirikan Depot Setiawan. Konsepnya sederhana, hanya dengan memakai baju kebesaran para koki. Setiap harinya, Ruwanto melayani pembeli dengan dibantu oleh beberapa pekerjanya. Semua pekerja di Depot Setiawan ini juga menggunakan kostum khusus. Meski makan dipinggiran, serasa dilayani orang profesional ya!

Bakmi dan Aneka Menu Lainnya

Bakmi Jawa di Depot Bantul
Bakmi Jawa di Depot Bantul via instagram/@yorkizh

Menu yang ditawarkan oleh Ruwanto selama bertahun-tahun tak berubah, yaitu aneka makanan khas Tionghoa-Indonesia. Ada nasi goreng, bakmi, kwetiau, cap cay, fu yung hai, hingga pak lay. Selain itu, ada juga menu ayam goreng, ayam saus mentega, dan steak ayam yang rasanya nendang banget. Dari banyaknya menu yang ditawarkan, bakmi di sini paling spesial dengan tambahan sayuran serta taburan bawang goreng.

Porsi Melimpah untuk Berpasangan

Porsi makanan yang besar
Porsi makanan yang besar via instagram/@kusuma_chemod

Selain banyak macamnya, porsi hidangan di depot ini banyak banget. Untuk bakmi goreng, terdiri dari segunung bakmi dengan topping bakso, daging ayam, serta telur orak-arik. Nah, menu ini bisa dimakan untuk dua orang saking banyaknya. Tak perlu khawatir, rasanya enak banget loh. Teksturnya kenyal dengan paduan rempah yang pas. Begitu pula dengan cap cay yang berisikan potongan kubis, kol, wortel, ayam, serta orak-arik telur. Untuk harganya masih terjangkau, mulai dari Rp20.000 per porsi.

Nah, itulah Depot Setiawan yang unik dengan penjual berseragam ala koki restoran. Jadi, kapan nih liburan ke Bantul dan sekalian mampir ke depot pinggir jalan satu ini?