Depot Lakmar, Masakan Jawa Mantap di Jalur Malang-Surabaya

Memasuki libur lebaran seperti sekarang, jalur Malang-Surabaya atau sebaliknya bakal lebih ramai dari biasanya. Jika Teman Traveler termasuk salah satu yang melintasi jalur tersebut, mampirlah ke Depot Lakmar. Tempat makan ini mungkin terlihat sederhana, namun sajian masakan Jawa-nya benar-benar mantap!

Sandang Status Legendaris

Depot Lakmar di kawasan Purwosari via Instagram.com/wsoetanto

Depot legendaris ini berada di dekat pertigaan Purwosari. Mengusung nama Lakmar atau biasa disebut banyak orang sebagai Lakemar. Posisi tepatnya ada di sebelah kantor cabang BCA Purwosari. Sangat gampang ditemukan, apalagi jika menggunakan Google Maps.

Sejak dulu bangunan Depot Lakmar memang tampak mungil. Parkirannya juga tak terlalu luas lantaran berada tepat di samping ruas jalan utama. Namun soal rasa, jangan ditanya.

Banyak menu masakan Jawa (c) Ariza Ekky/Travelingyuk

Depot ini sangat cocok dijadikan tempat sarapan bagi mereka yang melintasi jalan dari arah Malang menuju Pasuruan atau Surabaya. Tempat makan ini biasanya siap melayani pelanggan antara pukul 06.30 hingga 20.00.

Suasana di dalam depot via Instagram.com/wsoetanto

Dari dulu suasana Depot Lakmar tak pernah berubah. Mengusung konsep rumahan, dengan meja dan kursi terbatas, serta area makan lumayan sempit. Namun entah mengapa, tetap terasa nyaman. Mungkin karena kebersihannya begitu terjaga.

Nasi rawon ala Lakmar via Instagram.com/wsoetanto

Tak hanya itu, pelayanan di sini juga cukup cepat. Namun yang terpenting, makanannya enak-enak. Meski dari segi harga sedikit mahal, sangat worth it karena sesuai cita rasa yang disajikan.

Banyak Pilihan Menu dan Semuanya Enak! 

Nasi campur empal via Instagram.com/wsoetanto

Depot Lakmar sajikan aneka menu masakan Jawa, mulai dari rawon, soto, sop ayam/empal, kare ayam, sayur asem, bali telur/daging, lalapan ayam, pecel, nasi campur, hingga nasi goreng. Namun menu yang kerap jadi favorit pelanggan adalah nasi rawon.

Terakhir berkunjung ke sini, saya dan keluarga memesan rawon, nasi campur, sop empal, dan kare ayam. Semuanya enak Teman Traveler, patut dicoba. Sopnya segar dengan tambahan bihun, kering kentang, tempe, dan sambal kecap. Lauknya bisa pilih empal atau ayam suwir.

Sup dan empal (c) Ariza Ekky/Travelingyuk

Karenya juga nikmat, dengan tambahan telur rebus, sambal, dan bawang goreng. Begitu pula dengan nasi campurnya, disajikan komplet dengan bali telur, mie, sambal goreng tempe/kentang, tumis buncis tahu, serundeng, timun, dan sambal. Tambah nikmat dengan lauk empal atau ayam goreng.

Kare ayam (c) Ariza Ekky/Travelingyuk

Rawonnya seperti biasa, selalu istimewa. Seporsi disajikan bersama tempe atau mendol, kecambah, dan sambal. Lauk empalnya enak, empuk, cenderung manis. Sangat cocok disantap bersama kerupuk udang.

Pilihan minuman di sini juga cukup beragam. Salah satu yang cukup unik adalah es markisa, meski saya sendiri belum pernah mencoba. Bicara soal harga makanan, rata-rata dibanderol Rp25.000 per porsi. Puas dan tidak mengecewakan, sangat recommended untuk dicoba.

Tags
kontributor kuliner purwosari purwosari Travelingyuk
Share