Depot Kalimantan Bamara, Nikmati Kuliner Khas Borneo di Surabaya

Wisata kuliner di Surabaya dijamin bakal bikin perut Teman Traveler puas. Pilihannya beragam, mulai dari yang legendaris hingga kekinian. Namun jika sedang ingin menyantap hidangan olahan ikan, kalian bisa coba mampir ke Depot Kalimantan Bamara. Yuk, simak seperti apa istimewanya sajian di sini.

Kuliner Khas Kalimantan Selatan

p_20190720_105011_bhL.jpg
Depot Kalimantan Bamara (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Mungkin beberapa di antara Teman Traveler sudah pernah mendengar fakta bahwa Kalimantan Selatan memiliki sederet warisan kuliner nikmat dengan ikan sebagai bahan utama. Kabar bagusnya, kalian tak perlu terbang jauh-jauh ke Tanah Borneo untuk mencicipinya karena sudah ada kedai yang menyajikannya di Surabaya.

p_20190720_104925_zJr.jpg
Aneka minuman dingin dan camilan yang tersedia (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Depot Kalimatan Bamara yang didirikan Hj. Djumberiati sudah eksis sejak 1984. Tempatnya berada di Surabaya bagian utara, tepatnya di Jl. Raya Purwodadi no. 82, Bubutan. Mereka buka tiap hari, mulai pukul 08.00 hingga 20.00.

Ikan Bakar dan Sambal Pencit

p_20190720_102905_vac.jpg
Sepotong ikan gurame bakar bagian dada (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Berdasarkan obrolan dengan para karyawan, menu paling laris di sini adalah ikan gurame bakar. Penyajiannya cukup unik, karena tidak datang secara utuh dari kepala hingga ekor. Sebaliknya, ikan bakar tersaji di atas piring dalam bentuk potongan dan Teman Traveler bisa pilih bagian mana yang hendak dipesan. Bisa coba kepala, dada, atau ekor saja.

p_20190720_102717_BRT.jpg
Menu ikan gurame bakar dengan sambal pencit (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Menu ikan bakar di sini disajikan bersama sambal pencit segar. Pencit merupakan Bahasa Jawa untuk mangga muda. Tekstur ikan bakarnya sendiri terasa pas, tidak terlalu kering. Rasanya juga nikmat karena bumbunya begitu meresap, apalagi dipadukan pedas dan asam sambalnya.

Cukup merogoh kocek sebesar Rp17.000, Teman Traveler sudah bisa mendapatkan sepaket ikan gurame bakar beserta sambal dan nasi putih. Jika ingin rasakan sensasi berbeda, kalian juga bisa minta gurame-nya digoreng, alih-alih dibakar.

Ramah Kantong

photogrid_1564121897191_hgR.jpg
Daftar menu dan harga (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Tak hanya gurame, beragam olahan ikan lain juga disajikan di rumah makan ini. Kalian bisa pilih masakan ikan haruan patin maupun tongkol. Jika sedang tak berselera makan ikan, bisa coba beberapa menu seperti ayam bakar, rendang, dan aneka penyetan.

Sesuai namanya, resto ini juga hidangkan beberapa menu khas Kalimantan Selatan seperti Soto Banjar, Ketupat Kandangan, dan masih banyak lagi.

Soal harga, bisa dibilang semua menu di sini cukup terjangkau. Rata-rata masakan dibanderol antara Rp3.000 hingga Rp30.000 untuk saja. Bagaimana, sangat ramah kantong bukan?

p_20190720_104900_5ST.jpg
Depot Kalimantan Bamara selalu ramai pengunjung (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Saking murahnya dan lezatnya, rumah makan ini selalu ramai pengunjung. Suasananya bakal makin padat begitu memasuki jam makan siang. Pelanggannya datang dari berbagai kalangan, mulai mahasiswa hingga karyawan kantoran. Saran saya, Teman Traveler jangan datang terlalu malam agar tidak kehabisan menunya.

Tempat Bersih dan Fasilitas Memadai

p_20190720_103649_lBd.jpg
Area outdoor di Depot Kalimantan Bamara (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Depot Kalimantan Bamara sediakan ruangan indoor dan outdoor bagi pengunjung. Interiornya cukup sederhana, dengan deretan meja dan kursi kayu panjang. Tempatnya sendiri cukup bersih. Para pegawainya sangat sigap membersihkan sisa makanan pengunjung sebelumnya.

p_20190720_102550_1ih.jpg
Toilet dan wastafel yang disediakan (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Depot ini juga sediakan fasilitas toilet dan wastafel memadai. Wastafelnya ada empat buah dan sangat bersih, sehingga pengunjung tidak perlu lama antre saat ingin mencuci tangan. Toiletnya juga bersih dan dibagi menjadi area khusus laki-laki dan perempuan.

Jangan lupa masukkan Depot Kalimantan Bamara ke dalam list wisata kuliner kalian ya Teman Traveler. Kapan lagi bisa makan enak tanpa khawatir kantong jebol. Murah meriah pokoknya!

Tags
kontributor kuliner surabaya Surabaya Travelingyuk
Share