Unik, Ada Kelapa Muda atau Degan Goreng di Banyuwangi

Banyuwangi tidak hanya menarik perhatian karena keberadaan Blue Fire Kawah Ijennya. Namun, kamu bakalan terpesona dengan kelezatan kulinernya yang nendang di lidah. Ayam Kesrut contohnya. Selain itu, cobalah makanan unik berupa kelapa muda atau degan yang digoreng. Seperti apa rasa dari degan goreng Banyuwangi ini? Simak ulasannya ya!

Kuliner Enak Khas Masyarakat Gombeng

Ilustrasi Kelapa muda atau degan
Ilustrasi Kelapa muda atau degan via instagram/@tjdarmadji

Pusat kota Banyuwangi memiliki banyak tempat makan yang rasanya nendang di lidah. Namun, tidak ada salahnya untuk mblusuk lebih dalam untuk mencoba degan goreng Banyuwangi. Letaknya sendiri di Gombengsari, Kecamatan Kalipuro. Masyarakat Gombeng menjadikan degan goreng sebagai kuliner khasnya. Hal ini tidak lain karena kawasan tersebut banyak ditumbuhi pohon kelapa.

Kue Legit untuk Teman Ngopi

Buah Kelapa Muda
Buah Kelapa Muda via instagram/@deganijojogja

Tak susah menemukan degan goreng di Gombengsari. Kamu bisa mampir ke warung kopi warga. Biasanya menu tersebut dijadikan sebagai tempan ngopi di sore hari. Soal rasanya? Pecinta makanan manis pasti tergoda. Degan yang digoreng ini memiliki rasa legit dengan campuran gurih yang menggugah selera. Sangat pas dengan kopi pahit khas Banyuwangi. Selain kopi, kamu juga bisa mencobanya dengan meminum teh khas kawasan Gombengsari.

Proses Memasak yang Mudah dan Praktis

Bahan untuk degan goreng
Bahan untuk degan goreng via instagram/@hobimakan.banyuwangi

Pembuatan degan goreng tidaklah sesulit yang dikira. Makanan ini hanya membutuhkan beberapa bahan mulai dari gula, garam, tepung, serta tambahan vanili. Setelah daging kelapa muda diserut, baru dicampur dengan bahan dan kemudian digoreng seperti menggoreng pisang goreng. Menariknya, penjual makanan ini juga menyediakan degan yang dimasak dengan cara dibakar di atas teflon. Hal ini tidak lain untuk mengurangi kandungan minyak di dalamnya. Bahkan, turis asing lebih suka versi degan goreng yang dibakar.

Kulineran Sekaligus Wisata Petik Kopi

Degan yang dibakar
Degan yang dibakar via Tribunnews

Kawasan Gombengsari tidak hanya memanjakan lidah wisatawan. Ada banyak hal menarik yang bisa dilakukan di sini. Salah satunya berwisata petik kopi. Tidak hanya itu saja, kamu yang berniat juga bisa belajar mengolah kopi, menyangrai kopi, hingga menumbuk menjadi bubuk. Pasti bakalan menyenangkan untuk kamu yang suka dengan kopi.

Nah, itulah ulasan tentang degan goreng Banyuwangi yang pastinya enak dan nendang di lidah. Bagaimana, penasaran dengan rasanya? Yuk, liburan ke kota cantik di timur Pulau Jawa ini.

Tags
Banyuwangi Indonesia Jawa Timur kuliner banyuwangi
Share