Unik, Kulon Progo Punya Kuliner Enak Berisi Dawet Sambel

Siapa sih yang tak tahu Kulon Progo. Salah satu kabupaten di Jogja ini terkenal dengan pemandangan alam yang memanjakan mata. Beberapa bukit sudah dilengkapi dengan gardu pandang sehingga dapat melihat perkampungan dari atas. Tak hanya itu, kuliner di sini juga menggoyang lidah. Seperti dawet sambel yang unik tapi bikin ketagihan. Penasaran apa keunikannya? Yuk, simak ulasannya.

Dawet Unik yang Makin Susah Ditemukan

Kuliner unik dari Kulon Progo
Kuliner unik dari Kulon Progo via instagram/@waone_justin

Sudah biasa menemukan dawet berisi cendol, santan, serta air gula kelapa? Ternyata ada dawet unik lain yang pastinya bikin penasaran. Namanya dawet sambel yang hanya ada di daerah Kulon Progo, Jogja. Kuliner ini sebetulnya mulai langka. Penjual yang masih setia menjajakan es segar ini hanya ada bisa ditemukan di pasar-pasar tradisional. Itupun sudah tak sebanyak dulu.

Paduan Dawet dengan Kubis dan Tauge

Kuliner enak khas Kulon Progo
Kuliner enak khas Kulon Progo via instagram/@makankeliling

Tak hanya namanya, sajian istimewa dari minuman ini juga terbilang unik. Sekilas, tampilannya tak jauh beda dengan dawet pada umumnya. Namun, jika melihat lebih dekat, kamu bakalan dibuat terperangah dengan isian selain cendol. Dalam mangkuk yang sama, kamu dapat melihat ada rajangan kubis, sejumput tauge serta taburan daun seledri. Tak lupa kuah santan yang sudah bercampur dengan gula merah sebagai kuah.

Campuran Bumbu Kacang yang Bikin Kaya Rasa

Seporsi Dawet Sambel
Seporsi Dawet Sambel via instagram/@makankeliling

Racikan dawet sambel ini tak hanya itu saja. Masih ada satu tambahan lagi yang membuat rasanya makin mantap. Apalagi kalau bukan sambal yang terbuat dari ulekan kacang tanah yang digoreng kering dengan cabai. Paduan dawet, kubis, serta siraman sambal ini memiliki rasa gurih, manis, pedas yang unik. Mirip banget dengan tahu campur khas Magelang.

Menu Spesial Saat Puasa

Dawet dengan sambal unik di Jogja
Dawet dengan sambal unik di Jogja via instagram/@blusukanmakan

Di balik keunikan dari dawet sambel ini, ternyata penggemarnya cukup banyak. Bahkan jumlahnya makin meningkat ketika puasa telah datang. Sebagian besar menjadikan menu tersebut sebagai takjil untuk membatalkan puasa. Penjualnya juga makin banyak dan tentu saja hanya ada di Kulon Progo. Untuk harganya juga murah meriah. Hingga artikel ini ditulis, seporsinya hanya Rp4.000

Nah, itulah dawet sambel yang merupakan kuliner unik dari Kulon Progo. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya? Yuk, liburan ke kabupaten cantik ini.

Tags
Indonesia Jogja kuliner Jogja kuliner unik Kulon Progo
Share