Salah Satu Keunikan Lansekap Indonesia, Danau dengan Air Asin yang Memukau

Hangga Prayudi

Hangga Prayudi

On Indonesia

Sebagai negara maritim, Indonesia tak pernah kekurangan destinasi wisata air. Pantai, air terjun, hingga danau menjadi bagian dari ‘harta karun’ negeri kita. Danau pun bermacam-macam wujudnya. Ada danau-danau yang berlokasi di gunung, berbentuk hati, maupun yang memiliki air asin. Seperti yang terdapat pada empat destinasi di bawah ini.

1. Danau Weekuri, Sumba Barat Daya

Perairan Danau Weekuri yang jernih [image source]
Jika pada umumnya danau mengandung air tawar, hal tersebut tidak akan ditemukan di Weekuri. Air yang tertampung di tempat ini berasa asin. Berbeda dengan danau yang memiliki air keruh, Danau Weekuri memiliki air jernih sehingga dasarnya dapat terlihat jelas.

Danau air asin [image source]

2. Danau Pulau Satonda, Sumbawa

Danau di tengah pulau [image source]
Di pulau ini kamu bisa menemukan danau air asin di tengah pulau yang terbentuk karena letusan Gunung Satonda. Untuk dapat mencapai Pulau Satonda, kamu perlu menghabiskan waktu sekitar lima jam dari kota Dompu. Tiga hingga empat jam pertama kamu akan menghabiskan waktu tempuh dengan jalur darat. Sesampainya di desa Nangamiro, kamu bisa menggunakan perahu cadik untuk menyeberang ke pulau Satonda. Perjalanan ini memakan waktu satu jam.

Berasal dari letusan kawah [image source]

3. Danau Napabale, Sulawesi Tenggara

Danau Napable [image source]
Danau yang terletak di Kabupaten Muna ini memiliki keunikan tersendiri. Di tempat ini kamu akan menemukan air asin layaknya di laut. Napabale terbentuk dari sebuah cekungan yang terhubung dengan laut melalui sebuah terowongan. Itulah sebabnya mengapa tempat ini memiliki air asin.

Danau dengan air asin yang jernih [image source]

4. Danau Semparong, Sukun, Flores

Panorama Danau Semparong [image source]
Berada di Kabupaten Sikka, Flores, danau ini memiliki pemandangan yang menyejukkan dan memiliki keunikan tersendiri. Lansekapnya menyerupai Ranu Kumbolo, berada di kawasan perbukitan dan memiliki luas sekitar 29 hektar. Uniknya danau ini memiliki air yang sangat asin meskipun jarak menuju laut lebih dari 1 kilometer.

Lansekapnya menyerupai Ranu Kumbolo [image source]
Indonesia memang memiliki banyak sekali destinasi wisata dengan keunikan sendiri. Danau dengan air asin adalah satu dari sekian banyak keunikan yang dimiliki oleh negara kita. Pernah mengunjungi destinasi wisata lain yang memiliki keunikan?