4 Danau Surga Pendaki di Indonesia, Pesonanya Bikin Geleng-geleng

Teman Traveler yang hobi mendaki, tentu tak asing dengan keberadaan danau di ketinggian. Biasanya dimanfaatkan sebagai sumber air, sekaligus untuk minum, masak, cuci, dan kakus. Terlepas dari manfaatnya, keberadaan danau surga pendaki di Indonesia ini juga sekaligus memanjakan mata dengan kemolekannya.

Surganya gunung Semeru (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Nah, Teman Traveler bisa tidak, menebak danau mana saja yang jadi surga para pendaki Indonesia? Biar tak penasaran, yuk simak ulasan lengkapnya bersama-sama.

Danau Gunung Tujuh, Kerinci

Danau Gunung Tujuh via Instagram.com/adliandolly

Danau Gunung Tujuh termasuk fenomenal karena letaknya berada di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat dan berdekatan dengan Gunung Kerinci, gunung api aktif tertinggi Indonesia. Berada di ketinggian 1.950 meter di atas permukaan laut, danau ini juga menjadi salah satu danau tertinggi di Indonesia.

Jika Teman Traveler berniat kempin di sekitar danau ini, jangan sampai melewatkan suasana paginya. Konon sunrise di Danau Gunung Tujuh sangat cantik.

Ranu Kumbolo, Semeru

Damai di Ranu Kumbolo (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Disebut-sebut sebagai surganya Gunung Semeru, Ranu Kumbolo menyediakan semua yang dibutuhkan seorang pendaki. Tak hanya itu, tempat ini juga menawarkan panorama indah danau, hutan pinus, deretan perbukitan, hingga Tanjakan Cinta.

Dengan luas mencapai 15 hektar, danau surga pendaki Indonesia ini juga bertetangga dengan kawasan Oro-oro Ombo. Di sekitarnya terdapat kawasan padang ‘lavender; yang tak kalah memesona. Dijamin menginap semalam saja takkan cukup buat Teman Traveler menikmati keindahan di tiap sudutnya.

Danau Taman Hidup, Argopuro

Dermaga tua Danau Taman Hidup via Instagram.com/farahiyarizkina

Tak hanya fantastis, Danau Taman Hidup di jalur pendakian gunung Argopuro ini juga terkenal mistis. Banyak kisah seputar makhlus halus bernama Dewi Rengganis, yang disebut-sebut sebagai penghuni danau, menghampiri pendaki. Oleh karena itu, Teman Traveler wajib menjaga ucapan dan tingkah laku selama berada di sini.

Eits, di balik kisah mistisnya, danau surga pendaki Indonesia ini tetap memiliki sisi keindahan, kok. Padang ilalang dan sebuah dermaga tua kerap jadi spot favorit bagi para pendaki Argopuro.

Danau Segara Anak, Rinjani

Boleh memancing di Danau Segara Anak via Instagram.com/ihwankhariri

Mendaki ke Gunung Rinjani takkan lengkap jika Teman Traveler belum singgah ke Danau Segara Anak. Danau yang berada di ketinggian 2.010 meter di atas permukaan laut ini menyuguhkan panorama luar biasa. Takkan bisa Teman Traveler temukan di tempat lain. Tepat di depan mata akan nampak gagahnya Gunung Barujari, masih aktif dan membuat kalian wajib selalu waspada jika berada di sini.

Banyak aktivitas bisa Teman Traveler lakukan di Segara Anak. Salah satunya memancing. Meski ada pepatah yang mengatakan take nothing but pictures, hal tersebut tidak berlaku di sini. Pendaki diperbolehkan memancing ikan sebanyak mereka mau. Kapan lagi bisa merasakan asyiknya mancing di gunung, ya kan?

Melihat pesona keempat danau tersebut, tidak heran kalau semuanya disebut sebagai surga pendaki. Cantik banget dan bikin betah berlama-lama. Teman Traveler sudah pernah mengunjungi danau yang mana? Atau justru pernah menjelajah semuanya?

Tags
kontributor Lombok Malang wisata lombok wisata malang
Share