Danau Singkarak, Pesona Alam Sumbar yang Molek

Jika punya waktu dan budget lebih, Teman Traveler wajib coba liburan ke Sumatera Barat. Di sini kalian bisa melihat indahnya Danau Singkarak, danau terluas kedua di Sumatera. Panoramanya begitu elok, cocok buat para pecinta wisata bernuansa alam.

Sejauh mata memandang, terbentang hamparan perairan luas dengan latar belakang perbukitan hijau. Dijamin bakal ampuh bikin mata adem. Penasaran? Yuk, simak ulasan saya tentang Danau Singkarak berikut ini.

Menuju Danau Singkarak

feryfebrizon___bqdjy8hgcab____5xG.jpg
Pemandangan di sekitar Singkarak (c) Leonardo Gilang/Travelingyuk

Saking luasnya, Danau Singkarak masuk dalam wilayah Kabupaten Solok dan Tanah Datar sekaligus. Jaraknya dari pusat kota Padang kurang lebih sekitar 70 kilometer. Jika berangkat menggunakan rute Solok, bakal butuh waktu sekitar dua jam perjalanan untuk menuju sini. Namun jika mengambil rute Padang Panjang, bisa satu jam lebih lama.

Fasilitasnya Lengkap

muhammad_icaan___bvyy5apgzmm____f1I.jpg
Menikmati senja di pinggir danau (c) Leonardo Gilang/Travelingyuk

Fasilitas di sekitar Danau Singkarak sudah cukup memadai Teman Traveler. Kalian bisa menemukan berbagai jenis penginapan di tepian danau. Tarifnya beragam, mulai dari Rp100.000 hingga Rp1 juta per malam. Tinggal pilih saja sesuai kebutuhan dan budget.

Restoran, kafe, dan tempat makan juga sudah tersedia lengkap. Tak perlu bingung membawa perbekalan dari rumah. Menu-menu yang disediakan biasanya merupakan makanan khas Sumatra Barat. Semuanya tentu lezat dan sangat menggoda selera.

Kecantikan Alam yang Bikin Betah

willyelso___bommzd_bbt5____9aO.jpg
Suasana senja di sekitar danau (c) Leonardo Gilang/Travelingyuk

Pemandangan indah yang tersaji di sini bakal bikin Teman Traveler betah berlama-lama. Jika ingin, kalian bisa mengelilingi danau dengan mudah, lantaran letaknya berada di pinggiran jalan raya. Memang belum ada spot khusus untuk berfoto, namun tak masalah. Ada banyak sudut cantik dan menarik untuk diabadikan lewat bidikan lensa kamera.

Tak cuma mengagumi keindahan sekitar, ada banyak kegiatan seru yang bisa Teman Traveler jajal di sekitar danau. Mulai dari berenang, naik sampan untuk berkeliling, memancing di tepian, atau bahkan menemani nelayan menangkap ikan. Semuanya benar-benar seru dan pastinya bakal sajikan pengalaman liburan tak terlupakan.

Lokasi Rally Sepeda Kelas Dunia

malam_pQQ.png
Daerah sekitar Singkarak dijadikan jalur perlombaan sepeda (c) Leonardo Gilang/Travelingyuk

Pamor Danau Singkarak belakangan makin meroket berkat diadakannya lomba balap sepeda Tour de Singkarak. Gelaran berlevel Internasional ini rutin diadakan tiap tahun dan didukung oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Kabarnya Amaury Sport Organization, pihak yang bertanggung jawab atas digelarnya Tour de France, juga terlibat dalam pelaksanaan event ini.

Pertama diadakan pada 2009 silam, Tour de Singkarak rutin digelar hingga kini. Biasanya dihelat antara April hingga Juni, dengan tujuh etape berbeda. Selain menumbuhkan semangat kompetisi, perlombaan ini juga bertujuan mengenalkan keindahan Sumatra Barat dan betapa kayanya kebudayaan lokal pada masyarakat Internasional.

Ikan Bilih yang Unik

Tak hanya indah, Danau Singkarak juga merupakan habitat dari beragam spesies ikan. Total ada 19 jenis ikan hidup di sekitar sini.

Salah satu yang paling menarik perhatian adalah Bilih, yang konon hanya bisa hidup di danau ini. Ikan ini kerap ditangkap oleh nelayan dan dijual dalam bentuk olahan sedap di warung-warung sekitar danau.

Bilih memang diyakini punya karakteristik unik sebab hanya bisa hidup di perairan Singkarak. Banyak yang coba mengembangbiakkannya di perairan lain, namun gagal.

Selain dijual sebagai masakan jadi, Bilih juga kerap digoreng kering, dikemas plastik, dan dijual sebagai oleh-oleh khas. Jika Teman Traveler sedang liburan di Sumatra Barat, boleh coba membeli jajajan ini sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah.

Tags
kontributor Sumatera Barat Travelingyuk wisata sumatera barat
Share