10 Danau Paling Indah di Dunia, Danaunya Bisa Menghilang!

Pantai, pantai dan pantai, melulu itu-itu saja jika traveler pergi berwisata ke perairan. Padahal kan banyak spot traveling lain yang tak kalah seru. Ini salah satunya, sama-sama beraroma air dan juga bisa melakukan kegiatan layaknya di pantai seperti berlayar hingga menyelam dan tempat itu bernama danau.

Danau bisa menjadi pilihan traveling yang menarik lho. Karena hanya di danaulah tersimpan cerita-cerita unik seputar proses terbentuknya hingga cerita-cerita mitos yang melekat di dalamnya. Berikut 10 danau cantik di dunia yang patut dijadikan tempat rekreasi, namun beberapa diantaranya cukup berbahaya dikunjungi.

1. Danau Spotted, Kanada – Danau Unik Banyak Totol-Totolnya

Ingin melihat danau yang beda? Datangi danau Spotted yang ada di kota Osoyoos, British Columbia, Kanada. Jika biasanya danau itu berupa genangan air yang sangat luas maka lain halnya dengan danau yang satu ini. Danau ini ukurannya tidak terlalu luas namun yang menjadi unik adalah permukaan airnya yang memiliki banyak totol. Bagaimana ini bisa terjadi?

Danau Spotted, Kanada (c) m0.i.pbase.com
Danau Spotted, Kanada (c) m0.i.pbase.com

Sebenarnya totol yang terlihat jelas itu berasal dari kandungan mineral yang sangat tinggi yang bercampur menjadi satu. Mineral-mineral tersebut antara lain magnesium sulfat, natrium sulfat dan kalsium. Totalnya ada 8 jenis mineral di danau ini dan empat unsur lain seperti perak dan titanium. Keren bukan? Sayangnya di sekitar area danau kini dipagar rapat untuk mencegah pengunjung masuk, sebab dikhawatirkan kandungan mineral di danau ini akan mengganggu kesehatan manusia. Namun jangan khawatir, traveler masih bisa bebas memandangi danau ini dari luar pagar sekalian berfoto-foto.

2. Danau Leitisvatn, Kepulauan Faroe – Danau Keren di Atas Tebing

Ada Danau yang keren nih di Denmark, tepatnya di Kepulauan Faroe. Danau ini berada di atas tebing setinggi 30 meter dan di bawah danau ini ada sebuah laut yang tak lain adalah samudra Atlantik. Jadi jika dilihat dari jauh nampak seperti air yang bertingkat. Namanya Danau Leitisvatn yang merupakan danau terbesar di Kepulauan Faroe dengan luas 3,4 kilometer persegi.

Danau Leitisvatn, Kepulauan Faroe (c) unusualplaces
Danau Leitisvatn, Kepulauan Faroe (c) unusualplaces

Danau yang berada di dua desa bernama Sorvagur dan Midgavur ini memang tengah booming di kalangan wisatawan. Hal ini dikarenakan keunikan dan kecantikan yang dimilikinya. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara berbondong-bondong datang kesana untuk melihat langsung keajaiban alam yang terwujud dalam danau Leitisvatn. Bagaimana dengan Anda, tertarik juga melihatnya langsung?

3. Danau Merzbacher, Kyrgyzstan – Danau yang Selalu Lenyap Tiap Tahun

Kyrgyzstan, salah satu negara anggota Asia Tengah yang jarang sekali terekspos media khususnya di bidang pariwisata. Tidak ada destinasi wisata yang menonjol di negara ini padahal Kyrgyzstan menyimpan berbagai keindahan alam yang masih perawan. Ini dia salah satu keindahan alam yang dimiliki negara tersebut, Danau Merzbacher yang airnya dapat hilang dan muncul secara misterius.

Danau Merzbacher, Kyrgyzstan (c) dostuck.com.kg
Danau Merzbacher, Kyrgyzstan (c) dostuck.com.kg

Danau Merzbacher yang berada di Ak-Su, Kyrgystan menyimpan fenomena alam yang misterius sehingga kini keberadaannya banyak dikenal orang. Danau ini berisi air hanya pada bulan Agustus saja, dimana air yang mengisi danau ini berasal dari aliran es yang membeku di Gletser Enilchek dan mengalir lewat Sungai Enilchek.

4. Danau Nyos, Kamerun – Pernah Meminta Korban Jiwa 1.746 Orang

Siapa sangka jika danau cantik yang dikelilingi gunung berapi ini dulunya pernah memakan korban sebanyak 1.746 jiwa. Tapi ini adalah kenyataan, Danau Nyos yang berada di Kamerun ini dahulu pernah mengalami ledakan gas CO2 yang menyebar di seluruh air danau. Kejadian ini tak ayal merenggut korban jiwa yang sangat banyak.

Danau Nyos, Kamerun (c)  wikimedia
Danau Nyos, Kamerun (c) wikimedia

Kejadian nahas ini terjadi pada tahun 1986, dimana ketika itu danau Nyos mengalami kelebihan kandungan CO2. Sebenarnya sangat lazim jika danau kawah memiliki kandungan CO2 namun pada kasus ini kandungan gas itu sudah melebihi batas hingga akhirnya terjadilah ledakan gas racun itu. Ribuan penduduk yang ada di sekitar danau tewas seketika hanya dalam satu malam. Sungguh tragedi yang memilukan. Berani kesana?

5. Ranu Kumbolo, Lumajang – Tempat Camp Para Trekker Semeru

Traveler yang hobi trekking pasti sudah tahu keberadaan danau satu ini. Keberadaannya seakan menjadi oase ditengah padang pasir yang panas dalam rute trekking menuju Mahameru atau puncak dari gunung Semeru. Danau ini berada di Lumajang, Jawa Timur dan menjadi pos pendaki untuk berkemah sebelum melanjutkan perjalanan menuju puncak.

Ranu Kumbolo, Lumajang (c) 3.bp.blogspot.com
Ranu Kumbolo, Lumajang (c) 3.bp.blogspot.com

Danau ini memiliki keindahan alam yang tiada duanya. Waktu yang paling ditunggu para pendaki saat berkemah di area danau ini adalah pada saat datangnya mentari di pagi hari. Ketika matahari muncul dari balik bukit dan mulai menyinari perairan Ranu Kumbolo yang tertutup kabut tipis akan menampilkan atraksi keindahan yang luar biasa. Pernah kesana?

6. Danau Kakaban, Kaltim – Danau dengan Sejuta Ubur-Ubur Jinak

Ada yang unik dengan danau Kakaban yang ada di Berau, Kalimantan Timur. Jika biasanya air danau itu tawar namun danau ini memiliki air payau. Tak hanya sampai di situ, keunikan danau ini berlanjut ke hewan penghuninya. Ada jutaan ubur-ubur tinggal di danau ini, tp jangan takut dulu soalnya ubur-ubur di sini jinak kog karena mereka tidak menyengat. Jadi wisatawan bisa berenang bareng hewan lunak ini deh.

Danau Kakaban, Kaltim (c) kidangkanaka
Danau Kakaban, Kaltim (c) kidangkanaka

Danau Kakaban memang dikenal memiliki ekosistem yang unik. Di danau ini memiliki 4 jenis ubur-ubur yang berbeda, antara lain ubur-ubur bulan, ubur-ubur totol, ubur-ubur kotak, dan ubur-ubur terbalik. Ubur-ubur di sini tidak menyengat karena mereka kehilangan kemampuannya yang disebabkan tidak adanya musuh di habitat mereka. Untuk dapat berenang dengan mereka, traveler wajib memasuki air lewat tangga yang sudah disediakan. Traveler dilarang masuk ke danau dengan melompat karena dapat merobek tubuh ubur-ubur.

7. Danau Kaindy, Kazakhstan – Ada Hutan di Dalam Danau Ini

Ada hutan di dalam danau, tidak percaya? Datang saja ke Pegunungan Tian Shan, Kazakhstan, di sana ada danau bernama Kaindy yang mana di dalam danau itu terdapat gutan mati namun dahan dan daun pepohonannya masih awet hingga kini. Kejadian ini bermula dari pada tahun 1911 saat Kazakhstan diguncang gempa bumi yang besar. Akibatnya terjadi longsor yang menimbulkan cekungan di salah satu bagian Pegunungan Tian Shan,. Cekungan inilah yang kini menjadi danau Kaindy.

Danau Kaindy, Kazakhstan (c) panoramio
Danau Kaindy, Kazakhstan (c) panoramio

Ada yang unik dari danau yang terbentuk akibat gempa ini, dasar danau dipenuhi dengan pohon cemara sama seperti lanskap sekelilingnya. Sisa-sisa pohon itu masih utuh dan dapat dilihat dengan mata telanjang tanpa harus menyelam karena airnya yang sangat jernih. Waktu yang paling baik untuk berkunjung adalah pada akhir musim semi hingga awal musim gugur.

8. Danau Natron, Tanzania – Air Danau Ini Bisa Bikin Hewan Membatu

Setiap traveler pasti akan lebih menyukai traveling ke danau yang berair jernih. Namun hal itu sudah sangat biasa, cobalah datang ke danau Natron. Di sana Anda akan menemukan fenomena yang mencengangkan, ada sekumpulan burung dan kelelawar yang ditemukan membatu di danaui ini. Sungguh pemandangan yang mencengangkan. Bagaimana hewan-hewan ini menjadi batu? Yang pasti bukan karena kutukan ibu Malin Kundang ya.

Danau Natron, Tanzania (c) i.imgur.com
Danau Natron, Tanzania (c) i.imgur.com

Meskipun dapat dikunjungi namun danau ini tidak aman, sehingga traveler hanya boleh melihat dari jauh saja. Danau yang berada di sebelah utara Tanzania dan berbatasan dengan Kenya ini hanya memiliki kedalaman 3 meter saja namun airnya sangat jernih seperti kaca sehingga banyak hewan yang terkelabuhi untuk masuk ke dalam danau. Padahal danau ini memiliki suhu 140 derajat dan mengandung senyawa Natron.

9. Danau Toba, Sumatera Utara – Danau Vulkanik Terbesar di Asia Tenggara

Banyak orang dudah tak asing lagi dengan nama danau ini. Danau vulkanik terbesar di Indonesia sekaligus Asia Tennggara ini memiliki pemandangan yang sangat bagus dipadu dengan pulau Samosir di tengahnya menjadikan sebuah maha karya alam yang begitu sempurna. Sudah sejak lama danau Toba menjadi tujuan wisata favorit di Provinsi Sumatera Utara.

Danau Toba, Sumatera Utara (c) theeastparadise
Danau Toba, Sumatera Utara (c) theeastparadise

Diperkirakan danau ini terbentuk dari ledakan supervolcano atau gunung berapi super yang terjadi sekitar 73-75 ribu tahun yang lalu. Akibat ledakan itu tidak hanya menyebabkan kepunahan massal namun juga menjadi penyebab terjadinya zaman es. Namun kini tidak ada lagi bekas-bekas tragedi mengerikan itu yang ada hanya pemandangan alam yang sangat menggoda.

10. Danau Kelimutu, NTT – Danau Tiga Warna yang Keren

Masih ingat dengan gambar di uang kertas tahun 90-an pecahan 5 ribu rupiah? Penampakan danau ini pernah menghiasi alat pembayaran di negara kita lho. Danau Kelimutu yang dikenal juga dengan danau tiga warna karena memang warna air danau ini bisa berubah-ubah mulai dari hitam, biru tua, dan biru. Setiap warna diyakini warga memiliki makna tersendiri.

Danau Kelimutu, NTT (c) theeastparadise
Danau Kelimutu, NTT (c) theeastparadise

Sebenarnya Danau Kelimutu adalah gabungan dari tiga danau vulkanis yang ada di Flores, Nusa Tenggara Timur. Danau-danau itu antara lain Tiwu Ata Mbupu, Tiwu Ata Polo, dan Tiwu Nuamuri Koofai. Masing-masing danau itu konon menjadi tempat arwah para orang tua, arwah orang jahat dan arwah anak muda. Para traveler dapat menikmati keindahan danau ini dengan mendaki anak tangga sebanyak 236. Di puncak gunung ini traveler akan disuguhi pemandangan matahari terbit yang sangat eksotis. Pernah kesana?

Tags
Danau traveling
Share