Danau Lut Tawar Aceh, Oase di Tengah Bukit Barisan Ujung Indonesia

Danau Laut Tawar atau masyarakat Aceh sering menyebutnya dengan nama Danau Lut Tawar, berada di kawasan Dataran Tinggi Gayo. Kawasan ini masuk dalam bagian panjang Pegunungan Bukit Barisan, tepatnya di Kabupaten Tekongan. Luas danau ini mencapai 5.472 hektare, dengan lebar 3,219 km dan panjang 17 km. Di Danau Lut Tawar, terdapat beragam flora dan fauna, seperti moluska dan puluhan jenis ikan. Sementara itu, di lingkungan sekitar danau, jika beruntung, Teman Traveler bisa bertemu dengan kucing hutan, kijang, trenggiling, landak, sampai harimau. Menarik ya. Ada apa lagi kira-kira di sana?

1. Oase di Antara Bukit Barisan

Berada di Antara Bukit Barisan
Berada di Antara Bukit Barisan via Instagram/arbiansyaahh

Danau Lut Tawar, berada di kawasan Pegunungan Bukit Barisan. Pegunungan besar ini membentang dari utara ke selatan Pulau Sumatera, dari Aceh sampai ke Lampung. Panjang Bukit Barisan sekitar 1.650 km. Berada di hijaunya pepohonan Bukit Barisan, danau ini seperti oase yang memberikan kesegaran. Di sini, Teman Traveler bisa menikmati sejuknya alam sekaligus air yang tenang.

2. Wisata Keluarga

Tempat Wisata Bersama Keluarga
Tempat Wisata Bersama Keluarga via Instagram/rohaya_almahdali

Karena suasananya yang menenangkan, Danau Lut Tawar kerap dijadikan destinasi wisata keluarga. Setiap akhir pekan, di tempat ini ramai oleh rombongan keluarga yang berlibur bersama. Terutama di area pinggiran danau yang memang segar dan menyejukkan. Dari sini, Teman Traveler akan melihat pemandangan asri dari jejeran bukit yang indahnya seperti memagari danau. Duduk-duduk di pinggir danaunya, sambil tidak melakukan apa-apa, pasti akan tetap menyenangkan.

3. Menginap di Hotel Pinggir Danau

Hotel Renggali, Hotel Tertua di Takengon
Hotel Renggali, Hotel Tertua di Takengon via Instagram/hotelrenggali

Ketika berkunjung ke kawasan ini, Teman Traveler bisa menginap di Hotel Renggali. Hotel ini terletak dekat dengan bibir danau. Uniknya, Hotel Renggali merupakan hotel tertua di kota bersuhu dingin ini. Namun, jika Teman Traveler hanya ingin melihat-lihat suasana hotel tanpa menginap, tetap bisa kok. Penjaga hotel akan tetap mengizinkannya.

4. Terdapat Keramba Ikan

Keramba Ikan di Danau Lut Tawar
Keramba Ikan di Danau Lut Tawar via Instagram/jsoesman

Keistimewaan lain yang dimiliki oleh Danau Lut Tawar, dan bisa Teman Traveler nikmati adalah keberadaan keramba-keramba ikan. Di sekitar keramba ikan, terdapat tempat makan yang menjual berbagai olahan ikan segar yang siap mengatasi perut lapar Teman Traveler semua. Setelah capek menjelajah kawasan Danau Lut Tawar, makan ikan adalah yang terbaik! Apalagi ikan segar yang langsung ambil dari keramba.

Jelajah Aceh yang menawarkan ketenangan dan kesegaran ini menunggu Teman Traveler untuk mengunjungi! Selamat liburan! Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan di mana pun Teman Traveler berlibur.

Tags
Aceh danau lut tawar Indonesia Wisata
Share