Danau Linow Tomohon, Pancaran Keindahan Air Tiga Warna

Tomohon merupakan kata yang sering dihubungkan dengan pasar tradisional. Segala daging dijual dari yang biasa dikonsumsi sampai ekstrim. Namun tidak hanya sebatas itu, kota ini juga menyimpan keelokan wisata alam luar biasa indah. Salah satu yang patut disinggahi adalah Danau Linow. Lebih lengkapnya bisa dibaca ulasan berikut.

Danau Cantik di Tomohon

Danau Linow via Shutterstock

Kota Seribu Bunga, sebutan untuk Tomohon, berada di antara Gunung Lokon dan Gunung Mahawu, menjadikan daerah ini memiliki suasana sejuk. Di kota dengan pemandangan perbukitan dan pegunungan inilah terdapat Danau Linow tepatnya terletak di Lahendong, Tomohon Selatan. Kata Linow berasal dari Bahasa Minahasa yaitu lilinowan yang mempunyai arti tempat berkumpulnya air.

Air Dapat Berubah Warna

Panorama di Kawasan Danau via Shutterstock

Teman Traveler mungkin familiar dengan Danau Tiga Warna di Gunung Kelimutu atau Pantai Tiga Warna di Kabupaten Malang. Serupa tapi tidak sama, warna air Danau Linow juga dapat berubah-ubah menjadi hijau, biru, dan kuning kecoklatan. Perubahan warna air tersebut disebabkan oleh unsur belerang yang tertimbun di dalam danau serta pantulan dan pembiasan sinar mentari. Teman Traveler sebaiknya datang ke kawasan ini pada pagi hari ketika udara masih sangat sejuk dan suasana sunyi.

Kandungan Belerang Cukup Tinggi

Kandungan Belerang Cukup Tinggi via Shutterstock

Begitu sampai di area Danau Linow, Teman Traveler akan langsung disambut oleh bau kurang sedap. Danau ini terbentuk dari kawah dan konon bau tersebut berasal dari belerang bekas letusan Gunung Mahawu ratusan tahun lalu. Tentu pelancong tidak diizinkan berenang di danau karena kandungan belerang dapat membuat tubuh terluka.

Akses Murah dan Mudah untuk Menikmati Keindahan

Dapat Menyaksikan Keindahan Danau Sembari Makan via Shutterstock

Apabila Teman Traveler berada di pusat Kota Tomohon, dapat menggunakan kendaraan bermotor demi menuju lokasi ini ditempuh dalam waktu sekitar 20 menit. Sedangkan dari Kota Manado ke Danau Linow bisa ditempuh dalam waktu setidaknya 1 jam. Lokasi danau ini memang tergolong mudah dicapai, apalagi akses jalan raya yang medannya cukup mudah. Teman Traveler bisa menikmati keindahan Danau Linow dari tepian dengan duduk-duduk di kedai kopi kawasan tersebut. Biasanya harus membeli kopi atau menu lain kalau ingin bersantai sembari menikmati panorama Danau Linow, dengan kisaran harga kopi Rp5 ribu sampai Rp25 ribu.

Keelokan alam, akses jalan mudah, serta harga terjangkau menjadikan Danau Linow wajib dikunjungi. Mengagumi salah satu keajaiban alam mungkin saja bisa menjadi obat lelah bagi Teman Traveler. Jadi sudah siap meluncur ke Kota Tomohon?

Tags
Danau Linow Indonesia Sulawesi Utara Tomohon Wisata
Share