Dikelilingi Tujuh Gunung, Inilah Pesona Danau Kaldera Tertinggi Asia Tenggara

Danau kaldera tertinggi Asia Tenggara ternyata ada di Jambi lho! Teman Traveler punya hobi bertualang? Mengunjunginya akan jadi agenda liburan menyenangkan.

Selain sebagai danau kaldera tertinggi di Asia Tenggara, secara umum, Danau Gunung Tujuh juga merupakan danau tertinggi kedua di Indonesia. Penasaran, kan? Simak uraian berikut ini yuk!

Danau Kaldera Warisan Dunia UNESCO

Ditetapkan Sebagai Salah Satu Warisan UNESCO via Instagram/muhammadirwinpazly

Danau Gunung Tujuh berada di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat. Ia merupakan salah satu situs warisan dunia yang ditetapkan UNESCO. Kawasan di sekitar danau ini juga memiliki koleksi flora dan fauna terbesar di Sumatra.

Pemandangannya Luar Biasa via Instagram/nadialusi.putri25

Tidak heran jika pemandangan di sini, menyuguhkan hal-hal luar biasa. Teman Traveler pecinta alam, pasti akan sangat menikmatinya.

Danau yang Dikelilingi Tujuh Gunung

Danau yang Dikelilingi Tujuh Gunung via Instagram/andrey_chart

Hal lain yang menarik dan unik dari danau ini adalah keberadaannya yang dikelilingi oleh tujuh gunung. Gunung yang mengelilinginya terhitung memiliki ketinggian bervariasi.

Gunung yang Mengelilingi Punya Ketinggian Bervariasi via Instagram/buang.waktu_

Gunung-gunung tersebut adalah Gunung Selasih dengan ketinggian 2.230 mdpl, Gunung Hulu Sangir setinggi 2.330 mdpl, Gunung Lumut 2.350 mdpl, Gunung Madura Besi 2.418 mdpl, Gunung Jar Panggang 2.469 mdpl, Gunung Hulu Tebo 2.525 mdpl, dan Gunung Tujuh sendiri setinggi 2.735 mdpl. Lumayan bikin ngos-ngosan untuk didaki ya?

Letaknya Dikelilingi Tujuh Gunung via Instagram/liana.azman

Dengan ketinggian tersebut, danau ini memiliki air yang cukup dingin. Meski begitu, ia menyegarkan untuk dipakai berendam. Sekaligus menjadi kenikmatan dan tantangan bagi para pendaki.

Merupakan Danau Kaldera Tertinggi di Asia Tenggara

Menjadi Danau Kaldera Tertinggi di Asia Tenggara via Instagram/abdul_kholiiq

Danau Gunung Tujuh merupakan danau kaldera tertinggi di Asia Tenggara. Danau kaldera sendiri terbentuk karena proses letusan sebuah gunung. Dalam hal ini adalah Gunung Tujuh. Melalui proses dan waktu ratusan tahun, cekungan akibat letusan gunung tersebut terisi oleh air hujan.

Menakjubkannya Danau di Ketinggian via Instagram/dediraul

Salah satu danau kaldera paling terkenal di Indonesia sekaligus paling besar di dunia adalah Danau Toba. Sementara itu, danau kaldera tertinggi di Asia Tenggara adalah Danau Gunung Tujuh di Jambi.

Lokasi dan Rute Menuju Danau

Salah Satu Lokasi Favorit Pecinta Alam via Instagram/iamirfanation

Pendakian menuju Danau Gunung Tujuh bisa dimulai dari gerbang pos Taman Nasional Kerinci Seblat. Teman Traveler bisa memilih dua jalur pendakian; jalur landai dengan jarak tempuh lebih jauh atau jalur curam namun lebih dekat.

Kabut Turun di Danau Gunung Tujuh via Instagram/satyarahman2909

Danau kaldera tertinggi Asia Tenggara ini bukan hanya sebagai destinasi wisata. Masyarakat sekitar juga memanfaatkannya untuk banyak kegiatan, salah satunya mencari ikan sebagai sumber mata pencaharian.

Bagaimana? Penasaran dengan keindahan Danau Gunung Tujuh yang unik ini? Persiapkan segala kebutuhannya ya. Terutama fisik! Selamat berlibur!

Tags
danau kaldera tertinggi asia tenggara Indonesia Jambi Sumatra Wisata
Share