Danau di Sumatera Barat yang Jadi Tujuan Wisatawan, Bikin Terpikat

Kalau berkunjung ke Sumatera Barat, tentu Teman Traveler akan mencari-cari wisata alamnya. Ya, jelas saja karena pemandangan di provinsi satu ini tak pernah mengecewakan siapapun. Salah satunya adalah danau-danaunya yang dijamin membuat siapa saja terpikat. Penasaran seperti apa indahnya danau yang ada di Sumatera Barat? Simak ulasan di bawah ini. 

Danau Singkarak yang Bisa untuk Renang

danau di sumatera barat
Danau Singkarak via instagram/adyyandra

Salah satu danau yang tidak boleh dilewatkan oleh Teman Traveler adalah Singkarak. Danau yang berlokasi di Kabupaten Solok ini dijamin membuat wisatawan tak berhenti memandang keindahannya. Terdapat butiran pasir halus membentang di bibir danau, sehingga banyak pengunjung yang suka mengabadikan momen atau bermain dengan pasirnya.

Kalau ingin melihat Danau Singkarak lebih dekat, ada dua cara yang bisa dilakukan. Pertama, kalian bisa menyewa perahu motor atau becak danau yang berada di tepian. Lalu yang kedua, kalian juga dapat berenang di perairan danau tersebut. Namun tetap perhatikan situasi dan kondisi sekitar, ya.

Danau Maninjau yang Termasuk Terbesar di Indonesia

Danau Maninjau via instagram/rinisfahri

Maninjau merupakan sebuah danau vulkanik yang berada tepat di jantung Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Terletak di ketinggian kurang lebih 460 meter di atas permukaan laut, danau ini membentang seluas 100 km persegi dengan kedalaman rata-rata 105 meter. Dengan luasnya tersebut, Maninjau menjadi danau terluas kesebelas di Indonesia.

Daya tarik Danau Maninjau terletak pada keindahan panorama alamnya yang bisa dilihat dari kejauhan. Oleh karenanya, tidak lengkap kalau membahas wisata Sumatera Barat ini tanpa mengeksplor spot ideal untuk menikmatinya. Terutama bagi para pecinta fotografi pastinya tidak ingin melewatkan keindahan danau tanpa mengabadikannya.

Spot terbaik untuk mengamati Danau Maninjau adalah dari tengah kawasan yang disebut kelok 44, yaitu dari sekitar kelok 23 hingga kelok 30. Di sekitar area inilah pemandangan bentangan danau yang dihiasi hamparan sawah nan subur terlihat sangat indah dan dapat memberikan ketenangan hati bagi mereka yang menyaksikannya.

Danau Biru, Airnya yang Bikin Jatuh Cinta

danau di sumatera barat
Danau Biru via instagram/wrangland

Salah satu wisata air hits di Sumatera Barat adalah Danau Biru. Terletak di Parambahan, Kecamatan Talawi, danau dengan air berwarna biru ini selalu diburu para wisatawan lokal, domestik, hingga luar negeri. Pantulan air danau berwarna biru ditambah dengan view pemandangan di sekelilingnya membuat Danau Biru ini menjadi primadona di Sawahlunto.

Sawahlunto dahulu terkenal sebagai kota tambang. Ada banyak bekas galian tambang batu bara yang dijumpai disini. Lubang berbentuk kuali raksasa ini kemudian terisi air. Lama kelamaan terbentuk genangan dan menjadi sebuah danau. Itulah asal mulanya Danau Biru yang ‘tak sengaja’ terbentuk.

Genangan air bak kuali raksasa berwarna biru tersebut dikelilingi dengan pepohonan dan bekas galian tambang yang memutih. Hal ini tentunya memberikan sensasi keindahan tersendiri. Kolaborasi warna yang diciptakan alam ini tentunya sangat cantik untuk diabadikan untuk berfoto selfie.

Danau Laut Tinggal yang Jadi Surga Tersembunyi

danau di sumatera barat
Danau Laut Tinggal via instagram/hefryrahmadanes

Danau Laut Tinggal adalah salah satu kekayaan alam di Kabupaten Pasaman Barat. Terletak di antara Gunung Bendera dan Malintang, wisata satu ini jarang sekali terjamah oleh masyarakat. Alhasil, banyak para penjelajah yang tertantang untuk menaklukan danau dengan air berwarna hijau tosca ini.

Nah, hal yang menarik perhatian dari Danau Laut Tinggal adalah airnya yang tidak bisa diminum. Alasannya karena menurut beberapa peneliti pHnya rendah dan rasanya juga tidak enak. Tapi, bagi wisatawan yang hendak berkunjung ke sana jangan khawatir kekurangan air bersih, lantaran ada aliran sungai kecil yang bermuara di danau ini.

Keunikan lain yang ada di sini yakni tidak ada ikan atau hewan lain hidup di danau tersebut. Untuk penyebabnya, masih belum diketahui hingga saat ini.

Itulah deretan danau yang ada di Sumatera Barat. Keindahannya tak boleh Teman Traveler lewatkan ketika berkunjung ke daerah wisata ini. Yuk rencanakan berkunjung ke danau-danau di atas mulai sekarang.

Tags
danau di sumatera barat Indonesia Sumatera Barat Wisata
Share