Kumpulan Danau di Nusa Tenggara Timur, Wujud Keindahan Tiada Tara

Nusa Tenggara Timur selalu memanjakan siapa pun dengan wisata alamnya terutama pantai yang memang sering jadi jujugan wisata. Namun selain itu, ada danau di Nusa Tenggara Timur yang punya keindahan tiada tara dan patut disinggahi. Mau tahu seelok apa danau di NTT? Bisa simak ulasan berikut ini.

Danau Kelimutu yang Warnanya Bisa Berubah

danau di nusa tenggara timur
Danau Kelimutu via Nofi Yanti Sari/Travelingyuk

Danau Kelimutu merupakan salah satu wisata perairan terfavorit di Nusa Tenggara Timur. Bukan tanpa alasan, tempat satu ini memiliki pesona luar biasa. Salah satunya adalah warna danau yang bisa berubah-ubah menjadi merah, biru, atau putih. Tapi, sampai saat ini masih belum diketahui secara pasti apa penyebab warna danau bisa berubah seperti itu.

Namun, menurut perkiraan ahli geologi sendiri, perubahan diakibatkan oleh kandungan mineral, bebatuan, dan lumut yang terpengaruh oleh faktor geologis dan intensitas cahaya matahari. Kalau Teman Traveler penasaran dengan keunikan danau ini, bisa datang langsung ke Kabupaten Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur.

Danau Waibelen yang Ada Rumah Pohon di Tepiannya

danau di nusa tenggara timur
Danau Waibelen via instagram/
nurairinsyaila

Danau Weibelen atau Danau Asmara terletak di Desa Riangpuho, Kecamatan Tanjung Bunga, Kabupaten Flores Timur. Destinasi wisata Nusa Tenggara Timur ini menjadi incaran para penikmat wisata. Danau ini memiliki air jernih dan kondisi alam yang indah.

Danau Weibelen ditumbuhi pepohonan hijau, bersih, dan jauh dari hiruk pikuk keramaian. Sangat cocok untuk melepas lelah. Untuk menikmati keindahan danau, wisatawan dapat melihatnya lewat rumah pohon alias menara pandang yang telah  dibangun untuk menyaksikan ketenangan air.

Bagi yang sudah tidak sabar untuk menginjakan kaki di tepi danau, wisatawan bisa langsung meluncur ke bawah melewati jalan yang telah dibuka. Teman Traveler juga dapat menyewa perahu untuk mengelilingi danau.

Danau Weekuri yang Rasa Airnya Asin dan Payau

Danau Weekuri via instagram/
golden_heart

Ada lagi danau tak kalah menarik yang terletak di Desa Kalenarogo, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, yaitu Weekuri. Wisata alam ini mempunyai keunikan pada airnya, di mana ternyata rasanya bercampur antara asin dan payau. Hal ini dikarenakan danau tersebut adalah sebuah laguna yang terbentuk dari air laut lepas.

Selain sifat air payau yang dibawa dari laut, keunikan lain di danau ini yaitu terdapat beberapa titik sumber mata air yang membuat gradasi warna air bervariatif. Mulai dari berwarna biru cerah hingga biru sedikit kehijau-hijauan, bahkan suhunya ada yang hangat dan juga dingin.

Danau Sano Nggoang yang Bisa Digunakan Mandi

Danau Sano Nggoang via instagram/
firman_photography

Sano Nggoang adalah danau vulkanik terluas di Nusa Tenggara Timur dan termasuk salah satu yang terdalam di dunia. Kelebihan wisata alam yang terletak di Desa Wae Sano, Kabupaten Manggarai Barat ini adalah kandungan sulfur yang relatif tinggi. Sehingga danau ini bisa digunakan untuk mandi yang berfungsi menyehatkan kulit.

Di samping itu, Danau Sano Nggoang memiliki pemandangan yang indah termasuk hutan, bukit, danau, dan flora dan fauna. Semua ini menjadi objek fotografi yang menarik. Matahari terbenam juga terlihat cantik di kawasan ini, jadi sayang apabila Teman Traveler tidak mengabadikan momen tersebut.

Inilah deretan danau di Nusa Tenggara Timur yang paling harus masuk daftar liburan. Jadi, jangan lupa berkunjung ya.

Tags
danau di nusa tenggara timur Indonesia Nusa Tenggara Timur Wisata
Share